Binatang apa pun jenisnya telah dikarunia insting oleh Sang Pencipta untuk berjaga-jaga jika ada bahaya mengancam. Misalnya, harimau akan turun gunung keluar dari hutan saat gunung tempat dia menetap sedang aktif. Tujuannya menyelamatkan diri menuju tempat aman agar tidak  tertimpa awan panas sebagaimana pernah ada macan tutul yang masuk perkampungan saat Gunung Merapi sedang aktif beberapa tahun lalu.

Lalu ayam jantan akan berkokok, mengepakkan sayapnya saat melihat ayam betina datang mendekat. Begitu ayam betina mendekat, maka ayam jantan akan agresif mengejarnya. Mungkin ayam betina berkata, kejarlah daku sampai dapat, engkau akan capai sendiri.

Demikian pula halnya dengan seekor Panda betina bernama Linping berusia 4 tahun sedang diusahakan mencari cinta ke negeri asalnya, Chengdu China. Ia akan  bertemu dengan enam ekor panda seusianya. Di negeri Tirai Bambu ini Linping akan tinggal selama setahun untuk penjajagan cintanya dan memilih salah satu Panda jantan sebagai calon suami.

Lin Ping panda saat jelang keberangkatannya ke Negeri Tirai Bambu China, Sabtu ( 29/9 ). Penerbangan Panda Lin Ping disebut sebagai penerbangan cinta. Picture: Pornchai Kittiwongsakul.

Lin Ping panda saat jelang keberangkatannya ke Negeri Tirai Bambu China, Minggu ( 29/9 ). Penerbangan Panda Lin Ping disebut sebagai penerbangan mencari cinta. Picture: Pornchai Kittiwongsakul.

Linping  adalah seekor panda bertempat tinggal di kebun  binatang Chiang Mai dan lahir 2009 lalu, adalah bintang nasional di Thailand karena saluran televisi mengikuti tingkah lakunya selama 24 jam. Bintang Panda Channel yang dipinjam dari China itu telah menarik 2,5 juta orang datang ke kebun binatang tempat Linping tinggal.  Hari Sabtu, Linping yang artinya Hutan Es diterbangkan dari Chiang Mai Thailand Utara ke kota Chengdu China untuk acara kencan khusus.

Kepergian Linping ke China diantar ratusan warga Thailand.  Mereka melepas keberangkatan Linping menengok kampung halamannya seraya berharap, Linping nanti datang kembali ke Thailand dengan membawa pasangan. Di negeri Gajah Putih ini, sekembalinya dari Negeri Tirai Bambu, Linping bisa melanjutkan lagi kiprahnya menghibur pengunjung yang datang ke kebun binatang Chiang Mai.

AFP / Bayi Panda Linping  sedang  bermain dengan ibunya, Panda bernama Lin Hui.