Maladewa merupakan salah satu negara yang paling terpencar di bumi. Negara yang dikepung oleh Samudra Hindia ini merupakan negara kepulauan, memiliki 26 pulau karang yang tersebar sejauh 800 kilometer. Letak Maladewa memanjang di bawah garis ekuator  ke arah barat daya (  400 kilometer ) menuju ujung selatan India.

Pulau-pulau karang ini membentuk dua baris memanjang sejauh 90.000 kilometer. Terlepas dari penyebarannya, Maladewa merupakan negara terkecil di Asia. Populasinya hanya 328.540 orang dan luas daratannya hanya 298 kilometer persegi.

Pasir putih mengelilingi pulau ditambah beningnya air laut, membuat Maladewa tekenal dengan wisata

Pasir putih mengelilingi pulau ditambah beningnya air laut, membuat Maladewa tekenal dengan wisata lautnya.

Seorang turis wanita tengah menyelam dalam beningnya air laut

Seorang turis wanita tengah menyelam dalam beningnya air laut Kepulauan Maladewa.

Menurut situs Geo Week, setelah satu abad berada di bawah penjajahan, Maladewa memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1965. Karena merupakan negara kepulauan yang dikepung samudera, maka rata-rata tinggi permukaan daratan di Maladewa tidak pernah lebih dari 1,5 meter di atas permukaan air laut.

Karena itu Maladewa merupakan negara yang permukaannya paling rendah di Bumi. Naiknya permukaan air laut karena tsunami seperti yang terjadi pada 2004, merupakan persoalan paling serius yang dihadapi republik kecil di tengah kepungan air samudra India. Namun demikian, keindahan alam Maladewa  sudah terkenal hingga mancanegara dan keindahan alam bawah lautnya pernah  dijadikan lokasi sidang oleh pemimpin negara itu dengan menterinya.

Sumber : Geo Weeks.