Banyak orang berpendapat bahwa kesehatan adalah harta yang tak ternilai. Artinya, jika orang tidak sehat badannya dan terus sakit-sakitan, akan berusaha mencari upaya penyembuhan. Kemanapun ada informasi berguna dalam hal penyembuhan atas penyakit akan dicari, sekalipun liku-liku jalan yang harus ditempuh.

Untuk mendapatkan jalan penyembuhan yang mulus atau berliku-liku tentu memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit bagi si sakit. Menyangkut biaya berobat, lalu berapa kali harus berurusan dengan medis yang setiap kali konsultasi pasti keluar uang, maka pasien harus pandai-pandai berhemat. Jika penyakit yang diidapnya sudah hilang dari tubuh dan dirinya merasa nyaman, maka menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit lagi harus terus diupayakan.

Jika tubuh sakit alias tidak sehat, langit serasa runtuh menimpanya, hal duniawi sudah tidak bisa dinikmati lagi, maka rintihan penyesalan akan datang, kenapa dari dulu tidak menjaga tetap sehat. Begitu pentingnya  kesehatan dalam diri jika usia produktif masih memungkinkan untuk terus bekerja, maka boleh jadi tips sehat sederhana di bawah ini bisa membantu Anda semua. Intinya menjaga kesehatan ibarat menjaga pertahanan diri agar penyakit tidak gampang merasuki tubuh seiring bertambahnya usia.

Jangan menunda waktu makan jika telah tiba sekalipun pekerjaan belum selesai dikerjakan.

Jangan menunda waktu makan jika telah tiba sekalipun pekerjaan belum selesai dikerjakan.

Agar sehat, maka kebiasaan makan yang tidak teratur harus dihindari agar sistem pencernaan tidak terganggu. Jika organ pencernaan bermasalah, maka konsentrasi kerja akan terganggu. Produktifitas kerja pun akan menurun karena badan tidak lagi fit untuk diajak bekerja.

Agar tetap sehat dan bugar menyangkut organ pencernaan, ada baiknya anda termasuk saya, sehat dengan reiki harus tetap waspada agar tidak teledor dalam urusan makanan. Seiring bertambahnya usia, makanan sehat tinggi serat rendah lemak harus tetap jadi prioritas utama. Intinya makanan dengan nilai gizi seimbang harus diusahakan, misalnya mengonsumsi sayur dan buah sebagai menu harian.

Lalu selain urusan makanan dan minuman, hal lain yang perlu diperhatikan adalah menyangkut waktu istirahat. Setelah seharian kerja membanting tulang demi segenggam berlian di tangan dalam angan-angan, tubuh harus segera masuk garasi untuk istirahat. Garasi yang dipilih adalah tempat tidur yang nyaman untuk melepaskan ketegangan karena beban kerja seharian yang harus diselesaikan.

Tidur malam tepat waktu agar esok hari bangun dalam kondisi segar. Image by © Michael A. Keller/Corbis.

Tidur malam tepat waktu agar esok hari bangun dalam kondisi segar. Image by © Michael A. Keller/Corbis.

Tidur merupakan rileksasi alamiah sebagai solusi untuk mengembalikan tenaga yang telah hilang setelah kerja keras. Pakar kesehatan menganjurkan, setidaknya tubuh perlu istirahat dan tidur selama 6 – 8 jam sehari. Jelang tidur usahakan rileksasi dengan membuang segala ketegangan yang memenuhi pikiran dan mengalihkan ke hal-hal yang menyenangkan.

Kualitas tidur yang buruk dengan seringnya bangun malam karena mimpi buruk atau gangguan berkemih karena adanya penyakit dalam tubuh, tentu sangat mengganggu kesinambungan tidur karena sebentar-bentar harus bangun untuk berkemih. Untuk itu atasi dulu gangguan tubuh ini agar tidak menjadi penyakit serius di kemudian hari.

Masih banyak jalan panjang dalam hal memelihara kesehatan. Salah satunya yang penting untuk dilakukan, yaitu menjaga kesehatan dengan berolahraga. Dengan berolahraga, selain menyehatkan fisik Anda, boleh jadi Anda akan semangat bekerja dalam meraih cita jika tubuh tetap sehat dan bugar.

Sepeda gembira bersama pasangan sebagai kegiatan rutin harian di pagi hari.

Sepeda gembira bersama pasangan sebagai kegiatan rutin olahraga di pagi hari.

Untuk itu, selalu menyempatkan diri untuk berolahraga. Ada banyak sarana olahraga sesuai dengan minat dan kesenangan pelaku olahraga. Ada yang berbayar mahal karena sarananya wah dan megah, namun ada yang gratis tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Untuk yang terakhir ini, saya kira tidak ada alasan sama sekali untuk malas berolahraga. Sempatkan diri sejenak untuk bergerak agar tubuh sehat dan bugar, sekalipun hanya sekedar olahraga ringan, seperti joging, jalan kaki sehat atau bersepeda. Jadi sudah siapkah diri Anda dan saya untuk mau terus hidup sehat ?

Oh…ya sebagai menu tambahan dari ketiga langkah sehat seperti makanan sehat, istirahat cukup dan rajin olahraga, masih ada satu menu sehat yang sudah diperoleh  pelakunya, salah satunya mempraktekkan teknik ini. Teknik ini  gampang dipraktekkan namun jika tidak diikuti disiplin tinggi dalam latihan, banyak yang menyerah lalu membuang teknik ini. Kalau begitu sayang sekali, semangat 45 saat ingin belajar teknik ini begitu menggebu-gebu di awal perkenalan, lantas  kendur di tengah jalan untuk alasan yang tidak jelas saat disuruh berlatih.