Bermula dari pegunungan di Kalimantan Tengah, Sungai Kapuas mengalir ke arah barat sekitar 1.143 kilometer sebelum akhirnya melebur ke Laut China Selatan. Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia. Lalu disusul Sungai Sepik dan Sungai  Fly di Papua Niugini.

Ketiga sungai di atas merupakan sungai pulau terpanjang di dunia. Lebih dari 70 persen wilayah Kalimantan Barat dialiri Sungai Kapuas. Adanya aliran Sungai Kapuas membuat wilayah ini terancam banjir saat musim hujan tiba. Namun, ancaman banjir berkurang ketika air Sungai Kapuas mengalir ke 14 danau yang berhubungan.

Pemandangan saat matahari akan tenggelam di wilayah Kalimantan Barat. Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Panjangnya mencapai 1.143 km dengan lebar sungai mencapai 400-700 meter. Sungai ini menjadi jalur utama dan pusat perdagangan serta transportasi di kota Pontianak.

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Panjangnya mencapai 1.143 km dengan lebar sungai mencapai 400-700 meter. Sungai ini menjadi jalur utama dan pusat perdagangan serta transportasi di kota Pontianak.

Danau yang berhubungan karena aliran Sungai Kapuas disebut Danau-danau Kapuas. Tentu saja Sungai Kapuas kaya akan keragaman hayati. Di dalamnya ada 300 spesies ikan dan puluhan jenis tanaman atau binatang.

Sungai Kapuas juga menjadi alat transportasi barang dan penduduk. Selain Sungai Kapuas, Borneo atau Kalimantan juga mempunyai sungai besar lainnya. Salah satunya Sungai Barito yang mengalir ke Laut Jawa dari sisi berlawanan pegunungan yang sama.

Sumber : Geo Weeks.