Skane merupakan provinsi di ujung selatan Swedia, yang juga mencakup Malmo, kota ketiga terbesar di negara itu. Bagian timur dan selatan wilayah ini berbatasan dengan Laut Baltik. Sedangkan bagian barat berbatasan dengan Oresund yang memisahkan Denmark dengan Swedia.

Skane pada awalnya merupakan bagian dari Kerajaan Denmark dan menjadi rebutan kedua negara itu. Akibatnya menimbulkan ketidaknyamanan bagi penduduknya. Sejumlah perjanjian dimulai dengan Traktat Roskilde tahun 1658, menyatakan teritori itu masuk ke wilayah Swedia.

Glimmingehus, a medieval manor in Skåne Pemandangan indah

 Pemandangan indah Glimmingehus saat musim panas.

Peta Skane di provinsi paling selatan Swedia.

Peta Skane di provinsi paling selatan Swedia.

Pada tahun 1710, Denmark berupaya membatalkan kepemilikan Skane lewat Perang Helsingborg. Namun, penyerangan lewat darat dan udara oleh pasukan Swedia membuat Denmark kehilangan sekitar 7.500 jiwa atau sama dengan separuh kekuatan pasukannya. Sementara korban jiwa di pihak Swedia sekitar 3.000 orang.

Saat ini wilayah Skane dihuni 1.2 juta warga Swedia yang masih berbicara dengan dialek Denmark. Jembatan Oresund, terowongan kereta api yang panjangnya 8 kilometer, menghubungkan Skane dengan pusat Eropa. Jembatan itu pertama kali dibuka tahun 2000 dan setiap hari lebih dari 17.000 kendaraan bermotor melewatinya.

Sumber : Geo Weeks.