Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari dan berukuran terkecil di antara delapan planet. Diameter Merkurius hanya 38 persen diameter Bumi, yakni 12.742 kilometer. Kalau dihitung jaraknya sekitar 12 kali jarak Jakarta-Banyuwangi. Merkurius mudah dilihat pada Selasa ( 30/7 ) karena berada di posisi terjauh nya dari Matahari.

Wikepedia melansir Merkurius adalah planet terkecil di dalam tata surya dan juga yang terdekat dengan Matahari dengan kala revolusi 88 hari dan kala rotasi 59 hari. Gambar warna semu Merkurius oleh MESSENGER.

Wikepedia melansir, Merkurius adalah planet terkecil di dalam tata surya dan juga yang terdekat dengan Matahari dengan kala revolusi 88 hari dan kala rotasi 59 hari. Gambar warna semu Merkurius oleh MESSENGER.

Sekitar dua minggu sebelum dan sesudahnya, planet itu mungkin masih bisa dilihat. Sekitar 40 menit sebelum Matahari terbit, posisi Merkurius akan berada di tengah antara garis cakrawala dan cahaya fajar. Untuk bisa melihatnya sebaiknya menggunakan teropong.

Kesempatan itu langka, bahkan astronom abad ke-16, Johannes Kepler, pun tak berpikir kemungkinan Merkurius bisa dilihat.

Space.com/ISW.