Mark Covert ( 62 ), pria asal California, Selasa lalu mengakhiri rutinitas yang membutuhkan konsistensi dan kebugaran luar biasa, yaitu berlari sedikitnya 1 mil ( 1,6 km ) setiap hari selama 45 tahun tanpa henti.  Secara total, Covert berlari setiap pagi selama 16,437 tanpa henti.  Hari istimewa itu dihabiskannya dengan berlari di lintasan Stadion Marauders, Lancaster, menempuh 1 mil-nya yang terakhir.

” Tak ada seorang pun yang berpikir akan berlari setiap hari selama satu tahun, apalagi 40 atau 45 tahun. Saya tak menyangka akan jadi seperti ini dan berterima kasih kepada semua yang telah mendukung. Ternyata hal ini menjadi penting bagi banyak orang, ” ujarnya kepada Los Angeles Daily News, ( 24/7 ).

Covert mengatakan, dia memutuskan berhenti berlari pada Rabu ( 24/7 ) karena cedera kaki yang menyulitkannya berlari. ” Saya cuma memakai sepatu olahraga setiap pagi dan berlari. Melakukannya selama 45 tahun adalah luar biasa, ” katanya.

Mark Covert saat berlari pagi di kota kelahirannya untuk,satu tujuan, sehat bugar, sekalipun usianya sudah tidak muda lagi.

Mark Covert saat berlari pagi di kota kelahirannya untuk satu tujuan, ingin tetap sehat bugar, sekalipun usianya sudah tidak muda lagi.

Namun, saya belum mau pensiun. Setelah ini mungkin saya akan bersepeda setiap hari, ujarnya penuh semangat seakan energinya masih tersimpan luar biasa dalam tubuh sepuhnya. Kendati usia sudah tidak muda lagi, Covert tetap semangat untuk terus berolahraga.

John Sutherland ( 62 ), teman lama Covert, mengaku merasa gembir campur sedih dengan keputusan rekannya itu. Sutherland juga melakukan hal yang sama dan rekornya tertinggal 307 hari dari Covert.  ” Kami teman sedari kecil. Saya gembira dia membuat keputusan ini dan berdamai dengan itu, ” ujar Sutherland yang bertekad untuk memecahkan rekor sahabatnya itu. ( UPI/WAS ).