Ikan lele spesies baru ditemukan di perairan cekungan Rio Rio Paraiba do Sul, Brasil. Spesies Pareiorhina Hyptiorhachis ini berukuran 3-3,5 cm dan merupakan jenis lele terkecil di kelompoknya yang pernah ditemukan. Pada ordo lain ada spesies lebih kecil pada kelompok Aspredinidae dan Trichomycterida yang mencapai kematangan seksual pada ukuran 1 cm.

Spesies baru tersebut, diberi nama Pareiorhina hyptiorhachis, masuk ke dalam genus ikan lele lain yang merupakan spesies asli Amerika Selatan dan hanya bisa ditemukan di Brasil.

Spesies baru ikan lele diberi nama Pareiorhina hyptiorhachis, masuk ke dalam genus ikan lele lain yang merupakan spesies asli Amerika Selatan dan hanya bisa ditemukan di Brasil.

Pembeda P Hyptiorcharchis dibandingkan dengan spesies lain adalah punggungan yang tampak mencolok di bagian sirip belakang. Temuan ini dipublikasikan pada jurnal terbuka Zookeys dan dikutip Science Daily, Selasa ( 9/7 ). Ikan lele di Brasil, spesies lain bisa mencapai ukuran 2,5 meter dan berbobot lebih dari 100 kilogram. Spesies lele raksasa itu memakan katak, tikus dan burung.

Sumber : Science Daily/ICH.