Kamis ( 20/6/13 ) militer India berjuang mencapai desa-desa dan kota-kota tempat ribuan turis dan peziarah terperangkap banjir bandang dan tanah longsor di bagian utara negara itu. Sementara para pejabat menyatakan, sedikitnya 1.000 orang diduga tewas dalam bencana alam tersebut. Helikopter-helikopter dan sekitar 10.000 tentara dikerahkan untuk menyelamatkan para turis dan peziarah yang terperangkap setelah banjir menyapu Negara Bagian Uttarakhand di kawasan Himalaya, sepanjang akhir pekan.

Sekitar 1.400 orang telah dievakuasi dalam 24 jam terakhir dan pihak militer memanfaatkan cuaca cerah hari Kamis untuk melanjutkan proses evakuasi.  Namun, menurut Angkatan Udara India, sekitar 18.000 orang diperkirakan masih terjebak banjir. ” Prioritas kami adalah membawa keluar anak-anak dan perempuan  dengan helikopter, ” kata Ajay Chadha, Kepala Polisi Perbatasan India-Tibet.

” Kami berharap menyelamatkan semua yang masih hidup dan kemudian memulai tugas menemukan korban tewas, ” kata Chadha di New Delhi. Rumah-rumah dan bangunan roboh serta kendaraan-kendaraan tersapu air bah dari sungai-sungai yang meluap. Sementara jembatan-jembatan dan jalan-jalan sempit menuju kota-kota peziarahan di kawasan itu juga telah hancur.

Sedikitnya 138 orang tewas di Uttarakhand India saat banjir besar menerjang kawasan  Himalaya.

Sedikitnya 138 orang tewas di Uttarakhand India saat banjir besar menerjang kawasan Himalaya. Petugas penyelamat mendaki jalan menanjak di pegunungan untuk mencapai kawasan peziarah yang terperangkap banjir. Sementara warga yang kehilangan rumahnya karena diterjang lumpur banjir, menunggu evakuasi.

Menteri Dalam Negeri India Sushilkumar Shinde mengatakan, banjir menyapu jalanan, lebih dari 20 jembatan tersapu banjir dan 365 rumah tersapu banjir.

Kuil  yang dibangun di pegunungan tak luput dari terjangan banjir lumpur. Menteri Dalam Negeri India Sushilkumar Shinde mengatakan, banjir menyapu jalanan, lebih dari 20 jembatan tersapu banjir dan 365 rumah terendam banjir.

Sekalipun banjir menerjang kawasan permukiman, warga bersenang-senang bermain air banjir. Ini bukan adegan film India yang romantis dengan lagu-lagu mendayu gembira dan sedih.

Sekalipun banjir menerjang kawasan permukiman, warga bersenang-senang bermain air banjir. Ini bukan adegan film India yang romantis dengan lagu-lagu mendayu gembira dan sedih, namun gambaran betapa bencana banjir India kali ini melumpuhkan alat transportasi warga.

Hujan lebat dengan curah mencapai 4,5 kali lipat dari curah hujan normal telah menerpa Uttarakhand yang dikenal sebagai Negeri Para Dewa. Di daerah itu banyak kuil Hindu yang dibangun di pegunungan, yang menarik banyak peziarah dan turis. Para petugas penyelamat menggunakan helikopter dan mendaki melalui jalan gunung untuk mencapai hampir 4.000 orang yang terperangkap di lembah sempit dekat sebuah candi Hindu. ( DI )

Sumber : Kompas Internasional ( 21/6 ). Foto by : UPI/AP/AFP/Reuters.