Pagi tadi saat tengah beraktifitas olah raga jalan kaki, sehat dengan reiki kundalini melihat anak muda yang sedang nongkrong di pos kamling desa tetangga, sedang batuk yang ditandai guncangan pundaknya naik turun seirama bunyi batuknya. Kelihatannya batuknya sudah cukup lama dia derita. Apakah penyebab batuknya karena dia hobi merokok, atau sebab lain saya tidak mengetahui dengan jelas.

Menilik bunyi batuknya yang sudah merongrong saluran pernapasan, boleh jadi anak muda itu sudah lama mengidap batuk akut. Hal ini ditandai dengan bunyi batuknya yang huk…huk…huk berulang kali dan sesekali dia membuang dahak ke tanah. Dengan kata lain batuk tadi cukup mengganggu pendengaran orang sehat dan boleh jadi batuk terus menerus akan membuat yang bersangkutan menahan sakit  karena ada nyeri di dalam dadanya.

Karena anak muda yang batuk tadi ada di lingkungan umum dimana orang sekitarnya berlalu lalang, tentu saja membuat orang lain menyingkir sambil menutup mulut dan hidung. Mungkin mereka takut   tertular virus atau bakteri yang bercampur dengan udara di sekitarnya, saat batuk dihentakkan ke udara terbuka oleh anak muda tadi. Lalu sebenarnya batuk itu apa ditinjau dari segi pengetahuan kesehatan?

Batuk sangat mengganggu pendengaran. Penanganan bisa medis dan alternatif, misalnya menyalurkan reiki ke saluran pernapasan.

Batuk sangat mengganggu pendengaran. Penanganan bisa medis dan alternatif, misalnya menyalurkan reiki ke saluran pernapasan.

Batuk siapa pun pasti pernah mengalami dan hal ini wajar terjadi di negeri tropis ini. Sebenarnya batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang penting untuk membersihkan jalan napas dan benda asing seperti  partikel debu, lendir dan kuman.  Mekanisme ini merupakan reflek alami tubuh untuk menjaga kebersihan saluran pernapasan, salah satunya dalam bentuk dahak.

Secara ilmiah menurut kesehatan akhir pekan, batuk bukan merupakan penyakit, melainkan batuk dapat merupakan bagian dari suatu gejala penyakit. Jika batuk dirasa cukup mengganggu dan tidak kunjung hilang, sebaiknya segera memeriksakan diri ke medis untuk mengetahui penyebab batuk.  Batuk juga memerlukan penanganan serius cara penyembuhannya.

Jika batuk tak kunjung sembuh, cari penyebabnya. Apakah Anda merokok ?

Jika batuk tak kunjung sembuh, cari penyebabnya. Apakah Anda merokok ?

Untuk menangani batuk karena dahak, bisa mengonsumsi obat batuk khusus. Penyebab batuk selain mencari penyebabnya, gaya hidup sehat pelakunya mutlak dijalani. Misalnya saat berkendara di jalanan, menggunakan masker penutup hidung dan mulut, menghindari makanan goreng-gorengan apalagi makanan yang diberi pengawet untuk penguat rasa.

Selain gaya hidup medis kesehatan, jika Anda praktisi reiki harap memperbanyak self healing reiki dengan menyalurkan reiki ke saluran pernapasan, chakra tenggorokan, solar pleksus dan dada dimana organ paru-paru berada di dalamnya. Salurkan reiki dengan rileks, rasakan hawa hangat merambat masuk organ paru-paru, niatkan reiki bekerja membersihkan tenggorokan yang semula gatal saat batuk menyerang,  menjadi lega dan nyaman.

Dengan membuat diri kita bebas dari penyakit batuk, keluarga terdekat tidak was-was saat berinteraksi dengan diri kita, termasuk teman sekerja di lingkup pergaulan sosial yang lebih luas. Mereka dengan nyaman ada di sekitar kita dan kita pun tidak perlu berdekatan dengan mereka. Bagaimana pun batuk tidak boleh kita sepelekan, segera cari penyebabnya jika batuk tidak kunjung sembuh. Salam sehat untuk Anda semua.