Masih ingat dengan nama pendaki gunung tertua asal Jepang? Dialah Yuichiro Miura yang kembali mencapai puncak Gunung Everest hari Kamis ( 23/5 ). Dalam usia 80 tahun, pria Jepang itu menjadi orang tertua yang mencapai puncak tertinggi dunia tersebut.

Miura dan putra keduanya, Gouta, tiba di puncak sekitar pukul 09.00 waktu setempat, mengalahkan rekor sebelumnya dengan selisih empat tahun. ” Saya merasa seperti orang paling bahagia di dunia, ” kata Miura dalam percakapan dengan kantor nya di Tokyo. Rekor itu mungkin tidak akan lama dipegangnya karena Min Bahadur Sherchan, pemegang gelar sebelumnya, bersiap mendaki puncak Everest pekan depan.

Lelaki Nepal berusia 81 tahun itu bertekad mencapai puncak Everest. Namun, mungkin pemecah rekor bukan terpenting bagi Miura, yang mengatakan upayanya mencapai puncak tertinggi itu, untuk menantang alam batasan saya sendiri, juga untuk menghormati alam. Istrinya, Tomoko ( 80 ) mengatakan, Miura adalah orang yang melakukan apa yang dia percayai, tak peduli apa kata orang lain.

Yuichiro Miura lelaki Jepang berusia 80 tahun yang pernah menjalani empat pembedahan jantung, tiba di puncak Gunung Everest semalam, sekali gus menjadi pendaki tertua menakluk gunung tertinggi di dunia itu.

Yuichiro Miura lelaki Jepang berusia 80 tahun yang pernah menjalani empat pembedahan jantung, tiba di puncak Gunung Everest. Ia ditemani anak keduanya, Gouta.

Miura mendaki mengikut laluan sama yang pernah digunakan Sir Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay 60 tahun lalu.

Miura mendaki hingga tiba di puncak Everest, mengikuti rute pendakian lama yang pernah digunakan Sir Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay 60 tahun lalu.

Ini adalah ketiga kalinya Miura mencapai puncak Everest. Dia sebelumnya mencapai puncak setinggi 8.848 meter itu ketika berusia 70 tahun dan kemudian 75 tahun. Miura mencapai puncak itu walau menjalani operasi jantung karena aritmia, detak jantung yang tak teratur, Januari lalu.

Tahun 1979 Miura menjadi terkenal karena aksinya yang pertama menuruni Everest dengan main ski. Ayahnya, Keizo, berski menuruni Mont Blanc pada usia 99 tahun. Keluarga pendaki gunung itu boleh bangga dengan prestasinya mencapai puncak tertinggi atap dunia di saat usianya sudah lanjut. Mimpi Miura telah terwujud dengan pendakian kali ini.

( AFP/DI ).