Perang Vietnam telah lama berlalu dan kini tinggal menjadi sejarah bangsa Vietnam. Perang antara Amerika Serikat melawan Vietnam Utara menyisakan tragedi kemanusiaan karena banyaknya korban tewas para prajurit kedua belah pihak. Saat perang Vietnam berlangsung ada  seorang prajurit Amerika  dinyatakan tewas di medan perang.

Namun, prajurit itu kini ‘hidup kembali’ seperti bangkit dari kubur. Nama prajurit itu Sersan John Hartley Robertson. Prajurit AS ini dikhabarkan tewas dalam pertempuran saat menjalankan misi rahasia Angkatan Darat AS, setelah helikopter yang dinaiki ditembak jatuh di Laos.

Pembuat film dokumenter Kanada,  Michael Jorgensen mengklaim telah menemukan prajurit AS yang tewas itu ternyata masih hidup. News com au, Senin ( 29/4/2013 ) mewartakan, Michael menemukan Sersan John Hartley di sebuah desa di selatan negara itu pada sebuah perkampungan. Atas dasar penemuannya itu, Michael mendalaminya dan membuat film dokumenter kisah Sersan John Hartley Robertson.

Film dokumentar besutan Michael berjudul Unclaimed. Mengisahkan menghilangnya Sersan John saat itu dan tidak ditemukan kembali. Akhirnya Pemerintah AS menganggap Sersan John telah meninggal dunia. Sumber lain mengatakan orang Vietnam tak mau melepaskannya kembali dan pemerintah AS menyatakan Sersan John telah tewas.

John Hartley Robertson bangkit dari kubur.

John Hartley Robertson bangkit dari kubur.

Bertahun-tahun kisah raibnya Sersan John dilupakan namun keluarganya meyakini dia masih hidup. Michael juga mengakui demikian berdasarkan dokumen pendukung keberadaan Sersan John. Laporan lain menyebutkan bahwa Sersan John tinggal di sebuah penjara Vietnam.

Shelby Robertson Quast, cucu Sersan John, juga memberitahu bahwa dia masih hidup ketika ia melakukan perjalanan ke Kamboja. Ibunya, Barbara mengatakan pada awal 1990-an ia memiliki dokumen yang membuktikan dia masih hidup. Film Unclaimed menceritakan Sersan John lupa ingatan dan menderita demensia.

Sersan John dan istri serta kedua anak mereka awalnya setuju untuk tes DNA membuktikan kebenaran dirinya untuk film itu. Namun mereka membatalkannya dengan alasan demi kebaikan anak-anaknya. Isteri Sersan John mengatakan,  dia lupa nama anak-anaknya, termasuk hari ulang tahun anak-anaknya.