Naik bus angkutan umum di Jakarta yang sarat dengan penumpang  terkadang sulit bagi badan ini untuk bergerak. Di samping kabin bis kota tidak luas, pergerakan tubuh saat ingin keluar dari tempat duduk pun cukup sulit. Penumpang harus melangkah, menggeser tubuhnya sedikit demi sedikit menuju pintu bus.

Begitu tubuh bergerak menuju pintu bus kota, penumpang lain juga sama-sama bergerak  menyebabkan terjadinya dorong mendorong sesama penumpang yang hendak keluar. Lebih celaka lagi jika kita tidak waspada, ada copet beraksi siap merogoh dompet di saku atau barang yang tersimpan dalam tas. Kalau sudah begini, kewaspadaan perlu kita tingkatkan dan membayangkan, kapan ya angkutan umum bis kota Jakarta ini ada pelayanan ekstra bagi penumpangnya?

Pelayanan ekstra dalam hal apa ya? Misalnya bisa kota dilengkapi dengan AC yang tetap dingin sehingga penumpang tidak kepanasan dan lebih manusiawi lagi jika penumpang bisa tidur di dalam bis dengan nyenyak. Tidur dalam bis kota tidak harus menunggu pelayanan angkutan umum lebih manusiawi lagi.

Memang menggunakan bus umum terkadang membosankan jika rute yang ditempuh berjam-jam lamanya karena bus terjebak kemacetan. Jadi jangan berkhayal dalam perjalanan ini Anda dapat tidur pulas jika ruang gerak dalam bus begitu sulit karena penuhnya penumpang yang berdiri berdesak-desakan. Untuk itulah kita bisa menghibur diri, kapan ya angkutan bus umum Jakarta ada fasilitas tempat tidur nya?

Khayalan itu sebenarnya sudah terbukti bisa dinikmati oleh penduduk Edinburgh, London. Pasalnya angkutan umum bus kota di Edinburgh, London saat ini memanjakan penumpangnya dengan fasilitas baru yang lebih manusiawi. Dengan kata lain sudah ada bus umum dilengkapi tempat tidur untuk masyarakat Edinburgh, London.

Asyik ada bus umum dengan tempat tidur di dalamnya. Penumpang bisa mengobrol dengan santai sambil rebahan.

Asyik ada bus umum dengan tempat tidur di dalamnya. Penumpang bisa mengobrol dengan santai sambil rebahan.

Layanan bus umum ada tempat tidurnya disebut Today Megabus dengan rute perjalanan Edinburgh, London menuju Glasgow, Skotlandia. Ongkos perjalanan sebesar 15 pound sterling atau sekitar Rp 222 ribu. Dengan ongkos bus sebesar itu, Anda sudah bisa menggunakan jasa itu menuju 11 titik tujuan di Glasgow dengan waktu tempuh kurang dari 8 jam.

Dilansir dari laman The Sun Jumat (19/4/2013), bus dengan fasilitas tempat tidur itu seharga 5 juta pound sterling atau sekitar Rp 74 miliar per unitnya. Penumpang bus juga mendapatkan sebuah sikat dan pasta gigi, selimut dan masker penutup mata yang bisa digunakan dalam perjalanan. Pemilik bus, Stagecoach menyulap isi bus yang umumnya memiliki 53 kursi kulit mewah menjadi 42 tempat tidur yang nyaman.

Bus dengan rute Edinburgh-Glasgow atau sebaliknya itu memiliki 10 unit armada, dengan total 1.700 tempat tidur. Harga layanan bus umum itu juga dibanderol tak terlalu menguras kantong, mulai dari 15 hingga 60 pound sterling atau sekitar Rp 222 Ribu hingga Rp 890 ribu. Anda tertarik mencoba? ( Daily Mail )