Selama lebih dari seabad, para ahli patologi Mesir masih diliputi kebingungan atas kematian misterius Ramses III pada 1155 SM. Hasil studi yang diterbitkan di British Medical Journal pada 17 Desember 2012 menyatakan leher  Ramses III digorok. Pelakunya siapa ?

Luka sayatan ditemukan di leher mumi Firaun Ramses III .

Luka sayatan ditemukan di leher mumi Firaun Ramses III .

Salah satu kelompok konspirator pembunuhan tersebut dipimpin anak Ramses III, Pentaware. Tim penelitian menemukan hal itu setelah melakukan tes DNA dan CT scan terhadap dua mumi, yaitu Ramses III dan mumi yang belum diindentifikasi. Pada jazad Ramses III terdapat kain perban sedangkan mumi satunya ditemukan di Deir el Bahari, Mesir bersama Ramses III.

Mumi yang diyakini sebagai Pangeran Pentawere memiliki tanda tidak lazim di leher.

Mumi yang diyakini sebagai Pangeran Pentawere memiliki tanda tidak lazim di leher.

Mumi Mesir yang belum terindentifikasi itu  terbukti merupakan anak Ramses III Pentaware. Ia tewas dicekik dan dikuburkan dengan kulit kambing sebagai tanda aib layaknya seorang pembunuh. Kisah mumi Mesir dengan segala kemisteriusannya, sampai sekarang menjadi objek penelitian para arkeolog dunia untuk menguak kehidupan di jaman Mesir Kuno dulu.

Dr Albert Zink, seorang pakar paleopathologi di Institut Mumi dan Manusia Es di Italia beserta para koleganya memeriksa mumi Ramses III. Ia juga memeriksa jenazah yang tidak teridentifikasi di kuburan kerajaan dekat Lembah para Raja di Mesir yang diyakini sebagai putra mahkota Pentaware. Tujuan penelitian ini untuk menemukan lebih banyak fakta seputar kematian Ramses III.

Bekerja di Museum Mesir di Kairo tempat kedua mumi disimpan, tim itu menjalankan pemindaian CT dan tes DNA pada mumi. Pemindaian pada Ramses III menemukan luka sayatan sedalam 7cm di tenggorokan, yang menurut ilmuan medis disebabkan oleh pisau tajam dan dapat menyebabkan kematian seketika. Dr Zink mengatakan, ” Sebelumnya kami tidak mengetahui apa pun mengenai nasib Ramses III, ” katanya. ( BBC/British Medical Journal )