Suhu inti bumi sebagai mesin pembentuk medan magnet bumi sama panas dengan suhu permukaan matahari sekitar 6.000 derajat celsius. Semula inti bumi diduga bersuhu 4.300 derajat celsius. Kesimpulan didapat dari penelitian tim peneliti pada Organsisasi Peneliti Teknologi Nasional Perancis.

Pusat Riset Iptek Nasional Perancis dan Fasilitas Radiasi Sinkroton Eropa bekerja sama dalam penelitian.  Mereka mengukur titik leleh material besi berpresisi tinggi di laboratoriom. Pada pusat Bumi terdapat inti berbentuk padat dan inti luar.  Suhu di antara keduanya 6.000 derajat celcius.

Penampang inti bumi.

Penampang inti bumi.

Di luar inti Bumi ada lapisan mantel Bumi. Untuk menghasilkan medan magnet, harus ada perbedaan suhu 1.500 derajat celsius antara inti dalam dan lapisan mantel Bumi. Sebagai syarat pergerakan panas bersama dengan perputaran Bumi, menghasilkan medan magnet.

Temuan dimuat di Jurnal Science, Jumat (26/4 ). Penelitian menggunakan sinar-X yang membaca perbedaan panas lebih presisi. Sekitar dua dekade, para peneliti gagal memecahkan persoalan itu. ( Livescience/ISW ).