Dalam acara cerdas cermat beberapa tahun lalu yang diselenggarakan oleh sebuah stasiun televisi, ada pertanyaan kepada salah regu yang diajukan moderator, dari sekian banyak danau di bumi, danau mana yang paling dalam? Salah seorang peserta dari regu A menjawab, Danau Baikal di Rusia yang langsung dibenarkan oleh moderator. Kenapa disebut danau terdalam  di dunia ?

Dijelaskan bahwa danau terdalam Baikal ini berbentuk cawan raksasa di ketinggian 445 meter dari permukaan laut ( mdpl ). Dengan bentuk memanjang seperti buah pisang matang dengan panjang 636 kilometer serta kedalaman 1,637 meter. Selain danau terdalam di dunia, Danau Baikal juga diklaim terjernih airnya dari seluruh danau yang ada di bumi.

Karena itu Danau Baikal mendapat julukan sebagai The Pearl of  Siberia atau Mutiara Siberia karena kilauan permukaan airnya yang jernih saat tertimpa sinar matahari.  Saking kemilaunya air danau berwarna biru, laksana permukaan kacang bening jika ditatap dari ketinggian puncak bukit yang memagari pinggiran Danau Baikal. Dengan kata lain, keindahan Danau Baikal   terdengar oleh bangsa Mongol yang saat itu suka memperluas wilayah jajahan.

Penemu pertama danau Baikal adalah bangsa Mongol di abad ke-13. Di bawah kendali Jenghis Khan yang memerintah kawasan itu, mereka membangun peradaban di pinggir danau. Peradaban ini membentuk Suku Buryat yang mendiami pesisir timur Danau Baikal.

Terletak di sebelah selatan Siberia Russia, sebuah danau dengan pemandangan yang menawan telah memukau banyak orang. Mendapakan julukan ”The Pearl of Siberia”

Terletak di sebelah selatan Siberia Russia, Danau Baikal dengan pemandangan yang menawan telah memukau banyak orang. Mendapatkan julukan ” The Pearl of Siberia ”

Air biru jernih dilihat dari ketinggian bukit, menjadikan Danau Baikal bagai cermin raksasa.

Air biru jernih dilihat dari ketinggian bukit Gunung Sayan, menjadikan permukaan Danau Baikal  terlihat bagai cermin raksasa.

Baikal adalah representasi danau dengan warna biru yang sangat kentara. Ini sekaligus menunjukkan kejernihan Danau Baikal.

Danau Baikal adalah perwujudan danau dengan warna biru yang sangat kentara. Ini sekaligus menunjukkan kejernihan Danau Baikal.

Suku Buryat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari berternak domba, kambing, unta dan sesekali mengambil ikan Baikal Seal. Ikan ini sejenis Salmon yang biasa diolah dengan cara diasap. Menyantapnya dimakan dalam keadaan hangat-hangat.

Bangsa Rusia sendiri baru tiba di danau ini abad ke-16 silam. Mereka mengenal Danau Baikal ini sebagai lautan. Buku Lonely Planet –  Rusia menceritakan danau dengan warna biru sangat kentara sekali. Kondisi ini menunjukkan kejernihan air Danau Baikal dimana airnya bisa diminum langsung tanpa penyaringan lebih dulu.

Keindahan Danau Baikal saat musim dingin. Permukaan air danau mulai ditutupi gumpalan es yang mengapung.

Keindahan Danau Baikal saat musim dingin. Permukaan air danau mulai ditutupi gumpalan es yang mengapung.

Pada musim dingin seluruh air di Danau Baikal berubah menjadi es.

Musim dingin permukaan air di Danau Baikal berubah menjadi es.

Pemandangan Danau Baikal tertutup es ini telah menarik banyak orang untuk melihatnya.

Pemandangan Danau Baikal tertutup es ini saat musim dinging tiba terap menarik banyak orang untuk melihat dari dekat.

Danau Baikal merupakan situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Rusia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk.

Danau Baikal saat musim dingin merupakan situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Rusia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk.

Birunya air danau menyatu dengan  jajaran hijaunya pepohonan yang tumbuh di sekeliling danau. Permukaan danau tampak sangat tenang mirip cermin raksasa yang memantulkan bayang-bayang gunung-gunung yang berdiri di sekelilingnya. Saking jernihnya air danau bagai cermin bening menjadikan Danau Baikal banyak didatangi turis lokal dan mancanegara.

Mereka ingin membuktikan sendiri keelokan Danau Baikal jika dilihat dari dekat. Penyuka traveling yang suka kluyuran alias blusukan dulu hanya bisa menyambangi danau ini dari kota terdekat, yaitu Irkutsk. Semakin baiknya kondisi  jalan yang menghubungkan kota Irkutsk dengan Ulan Ude, maka wisatawan bisa langsung menatap kemolekan Danau Baikan lebih dekat lagi saat tiba di kota Ulan Ude. ( AFP ).

Iklan