Konsumsi potasium 3-4 gram per hari menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa. Konsumsi potasium juga menurunkan risiko stroke  pada orang dewasa hingga 24 persen. Demikian penelitan para ilmuwan di Program Pangan dunia PBB ( WFP ), Imperial College London dan Warwick Medical School.

Hasil penelitian yang melibatkan 128.000 orang itu dipublikasikan dalam jurnal British Medical Journal, Jumat ( 5/4 ). Disebutkan potasium adalah mineral penting untuk mengontrol keseimbangan cairan darah dan membantu menurunkan tekanan darah.  Sumber potasium adalah pisang, sayuran, kacang-kacangan, susu, ikan, daging ayam dan roti.

Semua orang perlu banyak potasium dalam makanannya. Potasium atau kalium merupakan salah satu mineral yang paling penting bagi kesehatan dan efisiensi tubuh kita.Menurut peneliti dari Itali, makan banyak makanan kaya kalium seperti sayuran hijau, kentang dan pisang dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan stroke.

Semua orang perlu banyak potasium dalam makanannya. Potasium atau kalium merupakan salah satu mineral yang paling penting bagi kesehatan   tubuh kita. Makanan kaya kalium seperti sayuran hijau, kentang dan pisang dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan stroke.

Potasium juga mampu mengendalikan tekanan darah pada anak-anak. Adapun penelitian terkait asupan garam dilakukan ilmuwan dari Wolfson Institute of Preventive Medicine, Queen Mary, Unibersitas London. Hasil penelitian menunjukkan, mengurangi asupan garam selama empat minggu atau lebih dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Tekanan darah lebih rendah mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Dokter ahli jantung dari Queen Mary, Graham Mac Gregor, yang memimpin penelitian mengatakan, di Inggris rata-rata asupan garam 9,5 gram per hari. ” Kami ingin menekan menjadi 5 gram , tapi tidak mudah karena garam sudah ada di makanan yang kita beli, ” ujarnya. ( BBC.CO.UK/DOE ).