Bicara ikon binatang khas China tiada lain Beruang Panda. Ia menjadi ikon fauna di China yang saat ini terancam punah. Namun China sebenarnya juga memiliki hewan yang lebih terancam punah selain beruang panda. Binatang itu adalah pesut yangtze yang tercantum dalam the 2012 Yangtze Freshwater Dolphin Survey Report, Kamis ( 28/3 ).

Pesut ini hidup di sepanjang Sungai Yangtze serta di Danau Dongting dan Poyang. Jumlahnya tinggal 1.000 – an ekor. Jumlah ini hampir separuh dari survei populasi enam tahun lalu. Jika dibiarkan diperkirakan pesut yangstze bakal musnah tahun 2023.

Akibat kekurangan pakan di habitatnya, pesut Yangtze sering berburu makanan ke areal pelabuhan. Kawasan ini rawan bahaya bagi pesut, karena banyak pesut yang mati kena baling-baling kapal.

Akibat kekurangan pakan di habitatnya, pesut Yangtze sering berburu makanan ke areal pelabuhan. Kawasan ini rawan bahaya bagi pesut, karena banyak pesut yang mati kena baling-baling kapal atau tertabrak kapal.

Wang Ding, ketua ekspedisi penghitungan pesut dan guru besar pada Institut of Hydrobiology di Chinese Axademy of Sciences kepada Livescience, Jumat ( 29/3 ) mengatakan, ” Pesut Yangtze bergerak cepat menuju kepunahan, ” ujarnya. Keberadaan pesut yangtze terganggu aktivitas lalu lintas kapal dan berkurangnya sumber pakan. Dijelaskan ekspedisi berlangsung 44 hari.

Tim menemukan pesut yangtze hidup dalam kelompok yang saling terisolasi sehingga tak mudah bekembang biak. Kelompok pesut sering mendekati pelabuhan untuk mencari ikan yang mungkin terjatuh. Karena itu, mereka rawan tertabrak atau terpotong baling-baling kapal. ( Live Science/ICH ).