Gemuk atau kurus tubuh sebenarnya tidak mempengaruhi penampilan asalkan si pemilik tubuh cuek terhadap kondisi tubuhnya. Ada yang senang mempunyai tubuh kurus asal sehat, demikian pula ada yang senang dengan tubuh gemuk asalkan sehat pula. Karena itu menjaga tubuh agar sehat ada berbagai cara untuk mencapainya.

Salah satunya mengikuti pola hidup sehat khususnya menyangkut hal mengonsumsi makanan sehat. Jika pola makan tidak dijaga dengan baik tidak jarang orang yang hobi makan akan mendapatkan tubuhnya melar alias gemuk ke samping. Gemuk dengan tipe melebar ke samping memang terlihat lucu dan si empunya tubuh terkadang kurang percaya diri dalam pergaulan.

Pola makan berlebihan tanpa kontrol menyebabkan obesitas yang rawan akan gangguan kesehatan, jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik.

Pola makan berlebihan tanpa kontrol menyebabkan obesitas yang rawan akan gangguan kesehatan, jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik.

Karena itu kegemukan semacam ini menjadi masalah. Terlebih dengan bertambahnya ukuran perut sering terjadi seiring bertambahnya usia. Penyebab kegemukan sudah jelas, karena konsumsi  makanan lebih banyak dibandingkan dengan pengeluaran energi berupa pembakaran lemak saat tubuh dipakai untuk bergerak alias olahraga.

Lalu ada yang kurang faham bagaimana membakar lemak. Apakah seperti membakar daging sate di atas bara api atau harus rajin menggerakkan tubuh agar berkeringat sebagai tanda lemak tubuh telah dibakar. Betul sekali kawan, bahwa anjuran yang sering ditawarkan kepada orang yang kegemukan adalah olahraga dan gaya hidup aktif dan sehat.

Yang diidamkan wanita punya ukuran pinggang tetap ramping terlihat seksi sekalipun sudah punya anak.

Yang diidamkan wanita punya ukuran pinggang tetap ramping terlihat seksi sekalipun sudah punya anak.

Sebaliknya perut buncit bukan hamil karena penumpukan lemak di bagian perut berlebihan karena kurangnya aktivitas fisik.

Sebaliknya perut buncit karena penumpukan lemak di bagian perut berlebihan. Ini terjadi karena kurangnya aktivitas fisik.

Semua orang telah tahu bahwa olahraga dapat membakar lemak tubuh namun banyak yang enggan melakukannya. Sebaliknya gaya hidup makan enak dan aktif ngemil malah dilakukan mumpung lidah masih merasakan gurihnya makanan. Boleh-boleh saja berdalih demikian tetapi yang perlu dicamkan adalah menjaga berat badan seimbang sebagai bagian gaya hidup sehat.

Sekali lagi menjaga porsi makan seimbang dengan mengedepankan makanan tinggi serat rendah lemak agar didapatkan tubuh ideal sebagaimana kita inginkan. Singkat kata menjaga berat tubuh seimbang dengan menjaga pola makan sebagai bagian gaya hidup sehat, agar tidak terjadi obesitas. Atau Anda mempunyai kiat bagaimana caranya melangsingkan tubuh? Boleh saja dishare kan.

Iklan