Himbauan kepada pemilik mobil atau motor sering diberikan pengelola pusat perbelanjaan agar mengunci pintu mobil atau motornya dengan kunci dobel saat memarkir kendaraannya di tempat umum. Tujuannya agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan dan merugikan pengguna parkir, misalnya kehilangan barang berharga karena hilang dicuri orang. Mengingat sarana parkir umum sering rawan  dari tindak kejahatan pencurian, sudah saatnya pemilik kendaraan mengawasi kendaraannya dengan baik, misalnya memberikan alarm tambahan yang akan berbunyi di saat ada orang asing menyentuhnya.

Namun yang namanya pencuri juga tidak kalah lihai untuk memperdayai korbannya saat pemilik motor atau mobil lengah menjaga barang berharga miliknya. Apalagi barang berharga yang ditinggal di dalam mobil sering menjadi incaran maling yang berkeliaran di tempat umum. Lengah sedikit saja menjaga barang berharga miliknya maka raib pula barang berharga itu digondol maling.

Itulah yang terjadi pada penjual berlian grosir yang tengah berkunjung ke Florida, Amerika Serikat untuk urusan bisnis. Dia kehilangan berlian yang disimpan dalam satu tas penuh berlian. Nilai taksiran berlian yang hilang itu sekitar 400.000 dollar AS atau sekitar Rp. 3,8 miliar.

Ilustrasi berlian milik Jain Rajesh yang hilang dicuri dari dalam mobil sewaan.sumbangan Natal.

Ilustrasi, berlian milik Jain Rajesh yang hilang dicuri dari dalam mobil sewaan.

Pemilik berlian, Jain Rajesh ( 47 ) dari New Yersey, AS mengatakan kepada polisi, dia meninggalkan tas merah berisi berlian di mobil sewaannya. Dia meninggalkan mobil sewaan itu hanya 13 menit saja. Tas berisi barang berharga miliknya tetap tersimpan di dalam mobil.

Merasa sudah mengunci pintu mobilnya, Rajesh dengan tenang masuk ke sebuah restoran. Saat kembali ke mobilnya, ia terkejut karena tidak mendapati tas merah miliknya lagi. Tas merah itu sudah raib dicuri orang dan menjadi tanda tanya detektif untuk menyelidiki bagaimana cara pencuri itu masuk dan keluar mobil, mengingat mobil itu sudah dilengkapi dengan sistem alarm yang canggih.

Yang membingungkan lagi, semua pintu mobil tetap dalam kondisi terkunci. Jendela pintu sisi pengemudi memang rusak, tetapi lubang yang dirusak tidak cukup untuk pencuri masuk. Polisi Florida mengatakan, barang yang dilaporkan hilang dari mobil itu hanya tas merah berisi berlian dan tiga cek dari laci di depan kursi penumpang.

Tidak ada barang lain yang diganggu termasuk peralatan GPS yang ada di dalam mobil tersebut. Sersan Jim Young yang menangani kasus ini mengatakan, ” Apakah tas itu sudah diincar atau pencuri itu mengambil secara acak saja.  Sepanjang pengalaman saya, segala sesuatu dapat dijual di jalanan begitu barang itu jatuh ke tangan pencuri, ” ujarnya di tempat kejadian perkara. ( Reuters )