Olahraga terjun payung adalah olahraga yang digemari para petualang angkasa di mana dituntut keberanian menjelang detik-detik melakukan penerjunan. Tatkala pintu pesawat sudah dibuka, ketinggian pesawat sudah berada dalam zona syarat penerjunan, masing-masing penerjun sudah bersiap di pintu pesawat. Angin berdesir kencang, sepanjang mata memandang angkasa luas tak bertepi terbentang, maka penerjun pun mulai melakukan aksinya, terjun dari pesawat yang menerbangkannya untuk selanjutnya mendarat di tanah dengan selamat.

Mendarat dengan selamat tanpa cedera adalah idaman para penerjun payung yang menguasi teknik penerjunan dengan benar. Salah satu jenis terjun payung adalah  terjun bebas dari ketinggian tertentu di angkasa.  Selain terjun bebas keluar dari perut pesawat terbang, ada pula terjun payung dari balon udara yang diisi gas.

Salah satu penerjun payung yang memecahkan rekor terjun bebas  adalah Felix Baumgartner. Ia memecahkan rekor ketinggian terjun bebas milik Joe Kittinger  yang sudah bertahan 42 tahun.  Keduanya terjun dari balon udara yang diisi gas helium ringan.

Tiny panggilan akrab dari penerjun wanita Georgia Broadwick saat berumur 15 tahun.

Tiny panggilan akrab dari penerjun wanita Georgia Broadwick saat berumur 15 tahun.

Georgia Tiny Broadwick  yang lahir 8 April 1893 dalam salah satu aksinya bergelantungan di sayap pesawat.

Georgia Tiny Broadwick yang lahir 8 April 1893 dalam salah satu aksinya bergelantungan di sayap pesawat.

Kedua penerjun bebas pria itu ternyata mengikuti jejak penerjun bebas wanita pertama dalam jagad olahraga terjun payung. Siapakah gerangan wanita pemberani penerjun bebas itu? Dialah Georgia ” Tiny ” Broadwick ( 1893 – 1978 )  yang juga dijuluki sebagai Primadona Terjun Payung.

Sejak remaja Broadwick mulai terjun bebas dari balon udara membantu ayah tirinya, Charles  Broadwick menciptakan tipe terbaru harness untuk parasut. Broadwick lalu terjun bebas dari ketinggian 609 meter menaiki pesawat yang dikemudikan Glenn Martin. Peristiwa terjun bebas yang dilakukan Broadwick  terjadi tahun 1913 di Griffith Park Los Angeles, Amerika Serikat.

Tiny Broadwick dan rekan-rekannya saat merayakan ulang tahun at Perris Valley Airport in California.

Tiny Broadwick dan rekan-rekannya saat merayakan ulang tahun di Perris Valley Airport  California.

Tiny berpose dengan 2 rekannya menjelang naik ke pesawat yang dikemudikan Glenn Martin dalam aksi terjun dari ketinggian 609 meter.

Tiny berpose dengan 2 rekannya menjelang naik ke pesawat yang dikemudikan Glenn Martin dalam aksi terjun dari ketinggian 609 meter.

Ia mendapat gelar sebagai perempuan pertama yang terjun dari ketinggian itu. Semangat melakukan terjun bebas Georgia pun semakin menambah jam terbangnya. Pada tahun berikutnya di San Diego, Georgia melakukan terjun bebas demi meyakinkan pemerintah, bahwa parasut yang dikenakan di punggung bisa diandalkan.

Rancangan Charles Broadwick itu sampai sekarang masih menjadi inspirasi penting bagi rancangan parasut modern. Tahun 1915, Georgia Tiny  menjadi penerjun wanita yang rutin melakukan terjun di San Diego Fair. Ia menjadi wanita pertama yang melakukan terjun bebas dari pesawat terbang dan kemudian membuka parasutnya di ketinggian tertentu.

Tiny sehabis melakukan aksinya terjun bebas dari ketinggian 609 meter, tengah menggulung parasutnya.

Tiny sehabis melakukan aksinya terjun bebas dari ketinggian 609 meter, tengah menggulung parasutnya.

Tinya dan pilot Glenn Martin sebelum melakukan terjun dari ketinggian 609 meter.

Tinya dan pilot Glenn Martin sebelum melakukan terjun dari ketinggian 609 meter.

Tiny dengan salah satu parasutnya saat merayakan ultah tahun 1972.

Tiny tengah memegang satu parasutnya saat merayakan ultah tahun 1972.

Langkah Georgia Tiny membuka payung di ketinggian tertentu menjadi pembuka jalan bagi lahirnya olahraga skydiving. Saat Georgia Tiny aktif di olahraga terjun payung, berat badannya sekitar 39 kilogram dan tinggi badannya hanya 1,5 meter . Setelah malang melintang di dunia terjun payung, pada tahun 1922, Georgia Tiny pensiun dari kegiatan terjun payung.

Dengan  total jumlah terjun 1.100 kali, ia menjadi penerjun bebas wanita yang aktif terjun di jamannya. Tahun 1979 Broadwick Tiny meninggal dunia pada usia 85 tahun. Semasa hidup dan pasca meninggalnya, ia mendapat penghargaan sebagai perintis olahraga aviasi. ( GeoWeek ).

Foto-foto kegiatan Georgia Tiny Broadwick saat aktif dalam terjun payung oleh : Russ Jarrett)