Ular  binatang melata yang biasa merayap di tanah bebatuan, rumput, jalan beraspal sekali-kali boleh juga naik pesawat. Bagaimana rasanya ular naik pesawat jelas akan merepotkan petugas bandara yang cukup ketat menyeleksi calon penumpang pesawat. Petugas check ini akan mengawasi setiap penumpang kalau-kalau ada yang mencurigakan penampilannya  , lalu masuk kabin pesawat dengan membawa binatang berbisa seperti ular ini.

Kecurigaan ini jelas membuat terkejut para petugas di bandara Skotlandia. Pasalnya ada ular sepanjang 45 sentimeter melingkar dengan tenang di bawah kursi salah satu penumpang. Pesawat yang terbang dari Cancun Meksiko dengan tujuan Skotlandia berhasil mendarat mulus di landasan dan petugas bandara segera mengamankan binatang berbisa ini.

Setelah diamati ternyata ular ini dari jenis yang tidak berbisa dan hidup di Meksiko. Ular lalu ditangkap dan dibawa ke pusat perawatan hewan di Glasgow.  Dia diberi nama Furtivo yang dalam bahasa Spanyol berarti ular.

Ular tersebut tidak berbisa. Tetapi, seperti semua ular, binatang melata itu dapat menggigit dan Furtivo sangat agresif.

Ular tersebut tidak berbisa. Tetapi, seperti semua ular, binatang melata itu dapat menggigit dan Furtivo sangat agresif.

Akhir pekan lalu, petugas pusat perawatan  hewan memastikan ular itu dari keluarga Dryophis. Kemungkinan besar  ular itu menyelinap ke pesawat sebelum lepas landas  atau terbawa dalam tas yang ditenteng penumpang masuk kabin pesawat.

Furtivo akan tetap berada di bawah pengawasan hingga ditemukan rumah yang akan menampungnya. Ular istimewa ini berhasil naik pesawat dan mendapat perlakuan istimewa petugas perawatan hewan. Selamat datang di Glasgow Furtivo, semoga engkau kerasan di tanah baru ini. ( AP/JOE ).