Sebuah peranti lunak penerjemah  langsung pembicaraan lewat telepon seluler dibuat perusahaan seluler Jepang, NTT Docomo. Ini membuat dua orang berbeda bahasa dapat saling berkomunikasi melalui ponsel masing-masing dengan bahasa ibunya. Pada tahap awal, aplikasi baru dapat menerjemahkan bahasa Jepang ke bahasa Inggris, Mandarin dan Korea atau sebaliknya.

Selanjutnya aplikasi akan dikembangkan  hingga bisa digunakan  untuk bahasa Perancis, Indonesia, Jerma, Italia, Portugis, Spanyol dan Thailand. Aplikasi yang dinamai Hanashite Hon’yaku bagi perangkat Android itu diluncurkan dalam Pameran Gabungan Teknologi Canggih ( Ceatec ) di Jepang awal bulan ini. Aplikasi ini dapat digunakan dalam ponsel pintar jenis apa pun karena memanfaatkan peranti komputer awan milik Docomo.

Dalam waktu dekat Jepang akan meluncurkan aplikasi penerjemah bahasa untuk ponsel pinter berbasis android.

Dalam waktu dekat Jepang akan meluncurkan aplikasi penerjemah bahasa untuk ponsel pinter berbasis android.

Kehadiran teknologi ini, seperti ditulis BBC, Minggu ( 21/10 ), meski tidak menghasilkan terjemahan sempurna, bakal memangkas biaya staf penerjemah multibahasa di banyak perusahaan. Sebelum ada aplikasi serupa, WeTalk  perusahaan telekomunikasi Perancis, Alcatel-Lucent.

Aplikasi khusus untuk telepon kabel ini bisa digunakan untuk selusin bahasa, termasuk Inggris, Perancis, Arab dan Jepang. Produk lain adalah Translating Telephone dari Microsof. ( BBC/MZW ).