Olahraga air yang memicu adrenalin patut diwaspadai oleh para peselancar. Pasalnya di bawah permukaan air laut yang bergelombang ada bahaya yang tengah mengintai. Bukan bahaya karena pemunculan kapal selam dengan tiba-tiba, namun bahaya dari penghuni laut dalam yang sedang lapar mencari mangsa.

Dialah predator ganas untuk jenis ikan laut dalam, yaitu ikan hiu yang bergigi dan bertaring tajam laksana gergaji yang siap merobek mangsanya jika manga buruannya sudah berhasil digigitnya. Akan halnya para peselancar yang hobi berselancar tentu sudah memperhitungkan dampak risiko jika  berani bermain di kawasan perairan yang banyak dihuni ikan hiu. Ikan hiu memang tergolong ikan buas karena akan bereaksi liar jika dalam air laut yang menjadi tempat tinggalnya ada tetesan darah.

Bahkan ikan hiu tidak takut dengan Pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat di Vandenberg, California yang dijaga ketat pasukan udara negera adidaya itu. Dia akan nekat mendekati pangkalan udara yang letaknya tidak jauh dari lepas pantai Surf Beach di Lompoe. Jika dirasa di perairan itu ada mangsa yang bisa disantapnya, pasti hiu itu akan berenang ke sana.

Kali ini mangsa yang diincar ikan hiu buas itu bukan kapal selam yang muncul dari permukaan air laut, akan tetapi seorang peselancar asal Calirfornia bernama Franscisco Javier Solorio Jr ( 39 ) hingga tewas berdarah-darah karena gigitan giginya yang tajam. Kantor Sherif  Wilayah  Santa Barbara mengatakan, ” Francisco tewas karena luka gigitan di tubuhnya dalam serangan di lepas pantai  Surf Beach di Lompoc, ” ujarnya.

Kisah bermula saat Francisco  berselancar bersama kawannya saat   hiu itu menyerang dan menggigitnya. Temannya datang menolong lalu menariknya dari dalam air setelah serangan di pagi hari Selasa ( 23/11 ). Upaya penyelamatan gagal dan Francisco tewas di tempat kejadian perkara.

Pihak AU AS mengatakan, akses ke pantai itu memang terbuka untuk umum. Kematian Solorio tidak ada hubungannya dengan pangkalan angkatan udara wilayah itu. Setelah serangan hiu  buas itu, kawasan pantai ditutup 72 jam untuk mencegah agar tidak ada lagi peselancar lain yang bermain ski di perairan itu.

Belum diindentifikasi jenis hiu yang menggigit Francisco Javier Solorio Jr. Kematian gigitan hiu di perairan itu jarang terjadi di Pantai Barat AS dan ikan hiu yang menggigit Francisco pun belum bisa dipastikan jenis dan ukurannya. Shark Research Institute mengatakan, dua tahun lalu seorang remaja 19 tahun juga tewas karena serangan hiu di pantai yang sama.

Bagaimana pun ikan hiu jika sudah muncul ke permukaan laut pasti akan mengincar mangsanya. Kalau tidak menggigit tubuh peselancar hingga tewas, ikan itu juga ganas saat melahap papan selancar yang dinaiki peselancar. Kejadian naas itu pernah terjadi di Australia. ( AP/Reuters ).

Video  Francisco Javier Solorio  by :  The World Headlines.