Dengan tertatih-tatih saya lihat Pak Nas dipapah kerabatnya ikut mengantar jenazah sang isteri menuju pemakaman umum di wilayah Jombang Tangerang Selatan, Rabu siang ( 24/10 ). Beliau sudah lama terserang stroke yang membuat separuh tubuhnya tidak berfungsi sehingga untuk beraktivitas harian harus dibantu kerabatnya. Namun beliau tidak menyerah dengan kondisi demikian bahkan usaha penyembuhan atas penyakit strokenya sedikit telah membuahkan hasil, kendati untuk berjalan pelan masih perlu kehati-hatian untuk melangkah.

Pak Nas tidak sendirian dalam cengkeraman penyakit stroke yang melanda usia senja. Saat beliau masih aktif bekerja yang namanya penyakit stroke telah lama dikenalnya lewat edukasi, baik media televisi, suratkabar ataupun bincang-bincang sehat dalam kegiatan seminar. Karena pengetahuan tentang penyakit stroke telah lama dikenalnya, saat stroke benar-benar menyerang, beliau sudah siap menghadapinya dan sedikit memberikan tips sehat untuk kawulo muda agar berperilaku hidup sehat sejak usia muda dalam menjaga tubuh dari ancaman stroke.

Sebab, stroke merupakan kondisi sel-sel otak yang tiba-tiba mati karena kekurangan pasokan oksigen. Hal ini disebabkan adanya suatu halangan di dalam aliran darah atau pecahnya pembuluh darah arteri. Stroke sendiri bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali Anda, saya sehat dengan reiki kundalini yang saat ini berada di usia produktif.

Menurut laman Badan Pusat Statistik di http://www.bps.go.id usia yang tergolong produktif adalah 15 – 54 tahun. Jadi Anda yang berada di kisaran usia ini, sebaiknya mulai benar-benar memperhatikan pola hidup sehat, terlebih menyangkut pola makan yang dikonsumsi sehari-hari. Karena itu memperhatikan pola hidup sehat bisa dimulai dari diri sendiri untuk selanjutnya di share kan kepada orang lain tentang berperilaku hidup sehat, di antaranya :

(1 )  Menjalankan diet sehat dan seimbang yang bisa diartikan dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar, susu rendah lemak, rendah kolesterol, rendah natrium saat mengonsumsi garam harian tidak boleh melebihi 2.300 miligram atau sekitar 1 sendok teh.

( 2 )  Mau melakukan aktivitas fisik secara teratur menyangkut latihan dengan tingkat sedang yang diakumulasi 30 – 60 menit selama 4 sampai 7 hari dalam seminggu. Latihan fisik menyangkut jalan santai, joging, bersepeda dan berenang. Bagi pasien berisiko tinggi direkomendasikan untuk mengikuti program yang diawasi secara medis oleh ahlinya.

( 3 )  Berusaha mengendalikan berat badan  dengan mempertahankan indeks massa tubuh ( IMT ) pada kisaran 18,5 sampai 24,9 kilogram/meter persegi. Kondisi lingkar pinggang kurang dari 80 sentimeter bagi perempuan dan kurang dari 90 sentimeter bagi pria, mengacu pada standar Asia Timur dan Selatan.

Penyakit stroke ditandai dengan penurunan fungsi otak. Yang harus diwaspadai, stroke bisa menyerang siapa saja. Baik itu orang tua, dewasa, remaja, anak- anak, bahkan bayi. Saat ini, stroke menduduki peringkat kedua sebagai penyakit penyebab kematian di dunia. Bila tanpa edukasi yang baik kepada masyarakat mengenai penyakit stroke ini, bukan hal yang mustahil bila stroke bisa beralih ke peringkat pertama sebagai penyakit penyebab kematian.

( 4 )  Bagi Anda yang hobi merokok, mulailah kalau bisa berhenti merokok. Sebab merokok merupakan salah satu faktor pemicu terbesar terjadinya stroke. Ada beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan merokok dengan terapi pengganti nikotin, seperti permen karet dan tentu saja terapi tingkah laku.

( 5 ) Berusaha mengendalikan hipertensi dan kontrol gula darah dengan teratur di setiap kesempatan. Artinya menurunkan tekanan darah yang tinggi sampai kurang dari 140/90 mmHG ( tanpa penyakit penyerta lain ). Kontrol gula darah dengan target HbA1C  < 6.5 persen.

( 6 ) Hiperkolesterolemia yaitu bagi penderita kolesterol tinggi, pemberian statin dan modifikasi gaya hidup dengan target kadar kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dl.

Begitu pentingnya edukasi singkat, padat dan mudah dimengerti bagi orang yang ingin hidup sehat bebas dari ancaman stroke, maka mengubah gaya hidup dari tidak sehat menjadi sehat mulai sekarang ini harus segera dilakukan. Tunggu apa lagi mumpung kita semua masih sehat, tak ada salahnya sehat bersama reiki mengajak Anda semua untuk menjalankan hidup sehat. Terserah caranya, kalau Anda bertanya kepada saya, saya jawab saya melakoni hidup sehat perpaduan gaya hidup sehat medis kedokteran dipadu dengan hidup sehat ala reiki. Salam  sehat di malam Minggu untuk semua sahabat.