Saat baru pertama kali praktek reiki memberikan healing kepada kerabat atau tetangga, terkadang ada rasa sungkan untuk melakukan peletakan kedua telapak tangan pada tubuhnya. Sebagai praktisi reiki pemula rasanya lebih baik kita nyatakan terus terang padanya bahwa reiki yang ingin kita salurkan akan bekerja sekalipun telapak tangan tidak menyentuh tubuh. Untuk mengetahui bagian tubuh mana yang sekiranya ada rasa sakit, tentu dengan mengajukan pertanyaan kepada pasien tersebut.

Menjadi masalah besar bagi setiap praktisi reiki yang bukan seorang dokter untuk mencari tahu sumber penyakit. Bagi dokter tentu akan mengadakan pemeriksaan awal dengan menggunakan alat-alat seperti stetoskop, alat pengukur tekanan darah, menekan-nekan ulu hati atau kalau perlu mengetuk tubuh pasien jika bagian ini yang dirasakan sakit tempat penyakit berada.  Namun bagi praktisi reiki tidak mungkin melakukan pemeriksaan ala dokter dimaksud karena  memang dirinya bukan dokter.

Kalau sudah begitu langkah yang paling cepat dalam mengambil keputusan sesaat hendak menyalurkan reiki adalah menggunakan intuisi. Dengan menggunakan intuisi, maka reiki kita salurkan dan arahkan pada bagian tubuh yang sakit.  Jika praktisi  reiki sudah berpengalaman dalam healing, pikiran tidak perlu dibebani dengan pertanyaan, apakah reiki yang disalurkan sudah sampai pada bagian tubuh yang sakit.

Dengan menyalurkan reiki secara terus menerus ditambah kemauan pasien untuk diterapi dengan reiki, diharapkan daya kerja reiki akan maksimal dalam melawan penyakit pada tubuh pasien. Pasien memang harus dikondisikan ikhlas menerima bantuan penyembuhan dari praktisi reiki  yang menangani penyembuhan dengan reiki. Sebab bila kalbu pasien menolak atau tidak yakin dengan penyembuhan reiki, maka energi reiki yang disalurkan praktisi tidak akan effektif bekerja bahkan sia-sia.

Penyembuhan dengan reiki akan efektif apabila antara praktisi reiki dan pasien sudah mengadakan perjanjian tepat waktu saat menyalurkan reiki. Artinya saat itu juga reiki disalurkan kepada pasien, pasien yang berada di tempat jauh dari praktisi reiki juga harus bersikap menerima reiki saat itu juga. Ditambah keyakinan bahwa metode penyembuhan reiki dapat menyembuhkan penyakitnya, sikap ragu-ragu dari pasien harus  dihilangkan dan jika  demikian, diharapkan lewat metode reiki penyembuhan penyakit akan terwujud. Semoga…..