Anda hobi mendengarkan musik? Jika masih duduk di bangku sekolah alangkah bahagianya jika sedang belajar juga diiringi dengan sayup-sayup iringan musik teduh yang menenangkan pikiran. Begitu pentingnya arti musik bagi seseorang untuk didengarkan, alat musik pun mampu menghasilkan nada bunyi yang enak didengar telinga.

Apalagi kalau berlatih memainkan alat musik sejak kanak-kanak  sampai dewasa tentu sangat menyenangkan. Hal ini berkaitan dengan  hasil penelitian dari tim Universitas Nortwestern, AS  yang dipublikasikan  di jurnal Neuroscience , Rabu  ( 22/8 ). Hasil penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya bahwa orang dewasa yang pernah belajar musik menunjukkan hasil tes kognitif lebih baik daripada yang tidak belajar musik.

Mendengarkan musik bukanlah sekedar hiburan semata. Tanpa Anda sadari, alunan musik sebenarnya telah memberikan perubahan suasana hati dan bahkan membantu Anda untuk berkonsentrasi saat belajar.

Peneliti mengukur sinyal elektrik dari sistem otak yang terkait pendengaran ketika mereka mendengar suara berbeda.  Respon kelompok yang belajar  musik terkait suara kompleks lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak belajar musik. ” Penelitian menunjukkan, belajar musik meski dalam waktu singkat dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan belajar, ” kata Nina Kraus, Direktur Laboratoriom Auditory Neuroscience Northwestern.

Livescience/ELN.