Jakarta sudah memiliki tiang pancang kereta monorel di kawasan Senayan. Akan tetapi keberadaan tiang pancang beton untuk penyangga lintasan monorel sudah hampir lima tahun ini terbengkelai. Kapan akan diwujudkan jalur kereta monorel yang melayang di atas jalan raya masih menjadi wacana pemerintah kota Jakarta. Mudah-mudahan pembangunan kereta monorel yang berjalan melayang di atas jalan raya segera terwujud untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan raya.

Lain Jakarta lain pula negeri tetangga Malaysia yang sudah lama mempunyai jalur kereta monorel Rapid KL di Brickfields, Kuala Lumpur. Kereta monorel di daerah itu selama ini aman saja perjalanan keretanya saat melayang di atas kawasan Brickfields. Penumpang merasa nyaman menikmati perjalanan dengan naik monorel sehingga tiba di tempat tujuan tepat waktu.

Kereta monorel Rapid KL Malaysia saat melintas di wilayah Brickfields tiba-tiba mogok.

Selain cepat dan murah, Kereta Monorel Rapid KL sangat bersih dan nyaman. Sebagian penumpang tetap tenang saat kereta monorel mogok. Ada yang memanfaatkan waktu dengan membuka handphone sambil berselancar di internet. Foto : Detik Foto.

Akan tetapi senyaman-nyamannya angkutan umum pada suatu saat akan mengalami kendala juga. Salah satunya kendala teknis saat kereta monorel ini tiba-tiba macet jalannya alias mogok di tengah jalan. Apa jadinya bila monorel yang berjalan di lintasan tiba-tiba macet lalu berhenti sehingga membuat panik para penumpangnya.

Sebagaimana dilansir The Star, Minggu ( 12/8 ), Manajer Media Prasarana Negara Berhad, Azhar Ghazali mengatakan, insiden itu terjadi karena kerusakan kontrol traksi yang menyebabkan mesin kereta berhenti secara otomatis. Tentu saja macetnya monorel ini membikin panik penumpangnya sehingga 183 orang terpaksa terkatung-katung hingga hampir 1 jam di dalam monorel yang berhenti di depan Wisma Monorail di Brickfields, Kuala Lumpur. Akibatnya tiga penumpang termasuk seorang perempuan hamil, dilaporkan pingsan karena AC di gerbong mati akibat hilangnya daya listrik. Akibatnya seluruh penumpang monorel dibuat deg-degan saja dengan mogoknya kereta monorel itu. ( The Star/Detik Foto ).