Beberapa hari ini saya, sehat dengan puasa menerima pertanyaan dari para sahabat, bagaimana cara melatih untuk meningkatkan sensivitas energi reiki. Saya jawab dengan jujur bahwa saya sendiri memperoleh sensivitas akan aliran energi reiki setelah mempraktekkan meditasi khususnya meditasi reiki dan kundalini secara bersamaan. Meditasi ini saya adopsi dari pelajaran reiki kundalini dari Grand Master Yan Nurindra saat memberikan pelatihan reiki kundalini jarak jauh lewat Majalah Nirmala di tahun 2002.

Sangat disarankan seorang praktisi reiki untuk melatih kepekaan energi reiki selain meditasi tersebut, juga sering-sering menyalurkan reiki ke diri sendiri juga orang lain. Itulah kegiatan utama saya sejak menjadi praktisi reiki setelah bekerja di siang hari, malam hari menjelang tidur melakukan distance healing reiki kepada keluarga jauh, teman, tetangga dan kenalan lewat facebook. Tujuan melakukan kegiatan ini adalah semakin meningkatkan sensivitas aliran reiki yang masuk tubuh lewat chakra mahkota dan keluar lewat chakra kedua telapak tangan sebagai satu-satunya cara singkat meningkatkan sensivitas aliran reiki yang masuk tubuh.

Visualisasi bangkitnya energi kundalini dengan cara melatih meditasi reiki kundalini secara teratur dan berkesinambungan.

Memang banyak di antara teman-teman yang belajar reiki belum juga merasakan sensivitas reiki saat dirinya melatih reiki. Karena itu cara terbaik selain menyalurkan reiki kepada keluarga atau teman, saya sarankan untuk mencoba menyalurkan reiki kepada hewan kesayangan, tanaman hias yang juga pernah saya coba salurkan ternyata hasilnya cukup baik dimana pertumbuhan tanaman sangat cepat barulah diberikan pupuk sebagai dosis pelengkap penyubur tanaman.

Ada pula cara untuk melatih kepekaan sensivitas reiki, antara lain melatih membuat bola energi reiki di antara kedua telapak tangan yang saling berhadapan. Anda bisa menggunakan simbol reiki CKR ditambah affirmasi agar bola energi terbentuk padat. Setelah bola energi simbol CKR padat terbentuk, rasakan aliran energinya yang membentuk bola padat laksana bola basket bundar yang kenyal.

Selain membuat bola energi reiki tadi, anda dapat pula meniatkan energi reiki mengalir keluar lewat chakra telapak tangan kiri, hadapkan ke lengan tangan kanan. Rasakan getaran energinya yang memantul menyentuh kulit lengan tangan kanan. Begitu pula sebaliknya dengan tangan kanan mengeluarkan energi reiki lalu menghantam lengan tangan kiri. Jika anda sudah bisa merasakan sensasi keluarnya energi reiki tadi dan merasakan getarannya menyentuh kulit lengan tangan, berarti kepekaan aliran reiki sudah ada pada diri Anda.

Berlatih menyalurkan reiki kepada pasien untuk melatih kepekaan telapak tangan akan aliran reiki.

Selain berlatih menyalurkan reiki, ada baiknya di saat masuknya energi reiki yang luar biasa banyaknya ke dalam sistem tubuh energi ke dalam tubuh akan mengakibatkan over dosis energi yang membuat tubuh sangat panas sekali. Tentu saja kondisi ini sangat membantu jika kita berada di daerah pegunungan yang dingin, maka tubuh akan merasakan kehangatan karena panas reiki berhadapan dengan hawa dingin pegunungan. Kondisi ini sebenarnya dapat kita rasakan saat kita bekerja di ruangan ber AC dingin, maka tubuh akan menyesuaikan dengan kondisi ruangan yang dingin dengan mengeluarkan hawa panas.

Untuk menghangatkan badan perlu selimut khususnya saat berada di daerah pegunungan. Akan tetapi bagi praktisi reiki yang sudah mampu mengolah energi, memanfaatkan energi reiki kundalini sangat membantu membuat tubuh hangat saat berada di ruangan dingin ber-ac tanpa selimut atau pakaian tebal.

Untuk mengatasi masuknya energi reiki yang berlebihan, sangat disarankan melakukan grounding dengan posisi duduk bermeditasi dengan niat membuang kelebihan energi reiki masuk bumi agar diserap oleh energi bumi  yang dingin.  Grounding setiap perguruan reiki memang berbeda. Ada yang duduk bermediasi, ada yang tidak mewajibkan latihan grounding ada pula yang menggabungkan grounding dengan latihan olahraga.

Grounding versi terakhir inilah yang sering saya latih dan lakukan setiap hari dengan cara olahraga jalan kaki, minimal 4 sampai 5 km dengan durasi 1 jam. Saat kaki menghentakkan tanah, alirkan reiki dalam tubuh yang berlebihan untuk masuk bumi. Begitu seterusnya di setiap kaki melangkah sepanjang rute perjalanan olahraga berjalan kaki,  kelebihan energi reiki akan dibuang sedikit demi sedikit, sehingga sensasi reiki yang panas suhunya,  berubah menjadi hangat dan akhirnya menjadi sejuk.

Masih banyak cara melatih kepekaan aliran reiki. Tentu sahabat praktisi reiki mempunyai kiat sendiri untuk melatihnya. Jangan putus asa jika sudah menjadi praktisi reiki belum juga merasakan sensitivitas aliran reiki, berlatih terus menyalurkan reiki dengan cara self healing, other healing juga distance healing. Selamat berlatih….salam.