Alangkah bahagianya jika di hari istimewa kelahiran bisa dihadiri oleh segenap keluarga besar dimana masing-masing anggota keluarga yang sudah berumah tangga sudah punya momongan. Dari anak, cucu, cicit dan canggah berkumpul untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun. Kalau bicara adanya cucu, cicit dan canggah tentu yang berulang tahun ini sudah sangat sepuh sekali alias manusia panjang umur.

Manusia dengan pengalaman suka dukanya melewati hidup ini tanpa tekanan adalah mantan Mr. Universe bernama Manohar Aich. Pria dengan tinggi badan 150 sentimeter ini telah mengalami tantangan hidup termasuk kemiskinan dan merasakan hidup di penjara yang kata De Lyod serba menderita dengan berbagai tekanan. Namun Manohar Aich tidak seperti yang digambarkan De Lyod dalam lagunya Hidup Di Bui hidup penuh tekanan, tetapi menjadi manusia tahan uji yang memberikan resep umur panjangnya kepada hadirin yang menghadiri ulang tahunnya yang ke-100.

Resep umur panjang ala Manohar Aich mantan Mr. Universe tahun 1952 ialah, makan-makanan sehat seperti susu, buah-buahan dan sayur-mayur dengan nasi dan ikan. Itulah resep yang membuatnya sehat sembari memamerkan otot-ototnya  yang terlihat masih kuat dan lentur. Sambil tersenyum lebar menyalami para tamu yang mengucapkan selamat ulang tahun di rumahnya di Kalkuta India ( 21/3 ) termasuk pendeta Hindu yang mengumandangkan doa untuk nya, Manohar terlihat santai dan rileks sore itu.

Kebahagiaan dalam hidup tanpa tekanan sekali lagi merupakan resep umur panjangnya. Ia juga memberikan satu resep lagi yang cukup jitu untuk dilaksanakan tanpa ewuh pakewuh, yakni tidak pernah menyentuh minuman alkohol dan tidak pernah merokok. Sekali pun banyak pria  India mengatakan dirinya tidak jantan jika tidak pernah menyentuh rokok, toh dia tetap pada pendiriannya yang tidak tergoyahkan, yaitu tidak pernah merokok.

Badannya masih kekar. Tiap lekuk tubuhnya masih berotot. Namun giginya ompong. Ia adalah Manohar Aich, mantan Mr Universe tahun 1950 dan 1952 yang kini telah berusia 100 tahun.

Keluarga besar Manohar berkumpul memperingati ultah Manohar yang ke -100. Saat ini ia terlihat masih kekar dan berotot laiknya anak muda.

Pada tahun 1950, Manohar Aich memenangkan kontes Mr Universe di London, Inggris. Setahun berikutnya, ia menempati posisi kedua.

Tatkala memrotes kebijakan kolonial Inggris di India, Manohar Aich dijebloskan ke dalam penjara. Dan dari penjara ini ia memulai latihan angkat berat. Di penjara aku latihan sendiri tanpa peralatan selama 12 jam sehari, untuk persiapan kejuaraan binaraga dunia “ papar Manohar Aich.

” Saya tidak pernah membiarkan ada tekanan terhadap diri saya dari siapa pun apa pun situasinya. Saya tetap berbahagia, ” katanya kepada AP yang menemuinya di Kalkutta India beberapa waktu lalu. Aich pemenang Mr. Universe tahun 1952 lahir di kota kecil Comilla di Bengal.

Masa mudanya dihabiskan untuk mengolah otot tubuh yang dilakukan sejak kanak-kanak saat dia melihat aksi para pegulat.  Begitu terpesonanya pada olahraga gulat, membuat Manohar bertekad untuk melatih otot tubuhnya dengan olahraga beban. Jadilah dia juara Mr. Universe dalam kariernya dan kini semua anggota keluarga besarnya mengucapkan, ” Selamat ulang tahun ya Mbah Buyut…semoga panjang umur, sehat dan berbahagia selalu, ” ujar mereka penuh semangat. ( AP/Reuters/sidomi.com ).