Melindacare dalam blognya menulis bahwa  Meditasi akhir-akhir ini menjadi satu ” ilmu ” baru yang dapat dijadikan pegangan hidup seseorang. Memang sebelumnya meditasi sering dikaitkan dengan ilmu gaib dan hal mistis lainnya. Namun setelah dilakukan berbagai riset dan percobaan yang membuktikan meditasi memiliki manfaat besar baik bagi kesehatan batin juga jasmani, maka meditasi telah diterima dengan baik.

Sebuah riset yang dilakukan Richard Davidson dari Universitas Wisconsin, membuktikan dengan meditasi secara teratur, otak dapat berubah dari penentangan yang menimbulkan stres menjadi penerimaan yang menimbulkan sifat merasa puas dan menerima. Penelitian yang dilakukan Kabbat Zinn bersama Richard Davidson, menunjukkan dengan berlatih meditasi bukan hanya memiliki  antibody lebih banyak, tetapi juga aktivitas mentalnya lebih baik.

Dari penelitian-penelitian yang dilakukan mengenai meditasi dapat dilihat bahwa meditasi sangat bermanfaat untuk kesehatan mental yang kemudian berpengaruh pada kesehatan jasmani. Dari hasil riset menggunakan mesin pencitraan otak, ternyata meditasi membuat aktivitas pada prefrontal cortex  bergeser yang semula dari sebelah kanan bergerak ke sebelah kiri.

Meditasi bukanlah pengosongan pikiran, melainkan memusatkan pikiran pada satu objek. Misalnya, memperhatikan tarikan dan hembusan nafas, memperhatikan warna dan lainnya. Meditasi tidak sulit untuk dilakukan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak ada salahnya bukan bagi Anda untuk mencobanya ?

Anda yang sering resah, gelisah karena terjebak macet sepanjang perjalanan baik saat berangkat dan pulang kerja, tak ada salahnya mencoba aplikasi telepon pintar iPhone dan Android ini. Aplikasinya berupa petunjuk-petunjuk meditasi yang dimaksudkan agar membuat orang lebih rileks dan kalem. Karena dalam menghadapi kerasnya kehidupan di kota besar yang sarat dengan problematika hidup, sering kita menjumpai orang gampang tersinggung lalu mengajak berantem hanya gara-gara persoalan sepele saja. Misalnya mobil tergores saat parkir, tabrakan ringan dan jalur jalan diserobot pengendara lain.

Orang yang sudah biasa bermeditasi tetap tenang saat berkendara. Memusatkan perhatian sambil terus menjalankan kendaraan baik di saat macet, jalanan menyempit atau banyak penyeberang jalan melintas.

 

Untuk itulah aplikasi ini dihadirkan oleh perusahaan di Glasgow yang menangkap peluang bisnis di sela kepenatan warga kota besar. ” Ini merupakan latihan untuk memusatkan perhatian dan mengembangkan pemikiran positif, ” ujar Rohan Gunatillake, anggota staf perusahaan itu di London kepada Reuters. Dengan memasang aplikasi ini, pengemudi dapat menerima instruksi baik dari istruktur perempuan maupun laki-laki yang membimbingnya untuk bermeditasi.

Kalau meditasi klasik dengan duduk bersila di lantai atau di kursi sembari memperhatikan keluar masuknya napas sembari menutup mata, meditasi yang diajarkan lewat telepon pintar ini tentu saja tidak boleh menutup mata. Karena kita tidak mungkin menyetir kendaraan sambil menutup mata. Instruksi meditasi ini ditujukan pada saat pengendara terjebak macet dan bisa menenangkan diri sambil terus menyetir mobil. Jika meditasi sambil menjalankan mobil dilakukan dengan menutup mata bakal lain ceritanya.