Setiap orang dimana pun dia berada dan beraktifitas, tentu pernah terlintas dalam pikirannya,  mengidamkan memiliki badan sehat dan ideal. Bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan dan sejuta alasan tidak mempunyai cukup waktu untuk berolahraga, maka program diet sehat akan menjadi pilihan. Tentunya pilihan ini sudah dipikirkan masak-masak demi  mempunyai bentuk badan ideal dan menarik.

Untuk mengikuti program diet sehat terkadang orang tidak banyak memiliki pengetahuan akan diet yang sehat. Langkah yang dilakukan cukup sederhana, mulai dari mengurangi makanan yang mungkin saja malah menyebabkan berkurangnya asupan gizi. Karena itu begitu pentingnya diet sehat,  maka ada baiknya program ini tetap memperhatikan asupan gizi.

Lantas apa itu diet? Menurut ragam kesehatan dalam salah satu artikelnya menyebutkan, diet pada dasarnya mengurangi makanan dengan kalori tinggi dan menggantinya dengan yang lebih bergizi. Jadi menyantap makanan berkalori tinggi masih boleh, tetapi sebaiknya dikurangi porsinya. Jika sudah dipraktekkan ikuti juga dengan aktivitas sehat berolahraga.

Dalam melakukan diet, ada baiknya tetap mempertahankan jumlah makanan yang masuk dan keluar. Agar tetap dalam kondisi ideal, kalori yang keluar harus proporsional dengan cukup asupan. Karena itu sekali lagi untuk mengimbangi diet sehat, tindakan melakukan olahraga secara teratur tidak bisa ditawar lagi.

Kalau Anda bisa menawar harga buah mangga kepada pedagang buah dengan ulet sehingga pedagang buah luluh hatinya menurunkan harga buahnya, jangan coba menawar kepada fisik Anda sendiri, ah tidak ada waktu untuk berolahraga, sibuk, capek dan sebagainya, untuk membenarkan alasan hanya karena malas saja untuk tidak berolahraga. Bagaimana pun menurut sehat dengan inti reiki, olahraga sangat penting dijalankan dengan terukur, teratur waktunya, porsinya dan kesempatan yang ada.

Menyangkut waktu olahraga lebih baik dilakukan saat pagi hari ketika kalori bisa lebih cepat dibakar. Kalori yang keluar karena olahraga bisa digantikan dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah yang dikonsumsi sebaiknya jangan terlalu manis seperti anggur, nangka atau mangga. Buah ini sebagai pengganti camilan jika dikonsumsi banyak malah menggemukkan. Sebagai alternatif Anda bisa mengganti dengan buah apel atau pir. Selebihnya perbanyak makan sayur-sayuran segar.

Mereka yang bekerja sebaiknya memberi waktu kepada tubuh untuk bergerak. Contoh paling gampang saat naik ke gedung bertingkat tiga, gantikan naik lift dengan naik tangga. Sedangkan untuk kantor berlantai tinggi, biasakan berhenti  satu atau dua lantai lalu gunakan tangga sambil berjalan naik menuju ruangan kantor tempat Anda bekerja. Cara ini berguna untuk menjaga tubuh tetap bergerak dan mengeluarkan kalori berupa keringat.

Menu makan siang di kantor. Ada ikan bakar, nasi, kimchi, brokoli, sup, bloemkol dan nasi.

 

Jam istirahat kantor dan tiba waktunya makan siang, menu makanan pilihlah kandungan karbohidratnya yang kompleks, bukan yang sederhana, misalnya spageti atau gandum. Makanan dengan volume yang sedikit ini sudah bisa mengenyangkan. Atau Anda bisa makan sup terlebih dulu. Untuk sup coba pilih sup yang bening ketimbang sup dengan krim untuk menghindari kalori tinggi.

Nah…sambil menunggu jam makan siang di kantor, tak ada salahnya mulai sekarang Anda sudah merencanakan menu makan siang apa yang pantas disantap hari ini. Pilihan ada pada Anda semua. Bagi rekan-rekan praktisi reiki jangan lupa ya…menyalurkan energi reiki lebih dulu untuk mendapatkan makanan dan minuman sehat, bergizi, halal zat nya, bersih wadahnya, elok penyajiannya dan tentu saja boleh sedikit tapi membuat kenyang.