Sebagai orang yang pernah sakit, sehat dengan reiki pun berusaha menjaga kesehatan secara alami yaitu mempraktekkan reiki setiap hari secara berkesinambungan. Agar kebugaran tubuh tetap terjaga maka saya melakukan self healing dan healing ke orang lain jarak jauh. Apalagi sekarang reiki juga bisa dipelajari melalui internet, maka penyaluran energi pun dimungkinkan dengan media internet.

Tidak ada masalah bagi reiki untuk selalu mengalir dengan mudah kepada objek yang dituju asalkan ada niat dari praktisi untuk menyalurkan reiki kepada orang lain dan yang bersangkutan pun ada niat untuk menerima/mengakses reiki untuk kesehatan tubuh. Jadi antara praktisi dan penerima reiki harus ada komitmen lebih dulu agar sinkronisasi energi terjadi. Sekali lagi reiki bisa disalurkan lewat situs jejaring sosial facebook, twitter, yahoo group, blog mau pun website.

Memang mengupayakan kesehatan pribadi itu perlu dilakukan setiap hari. Ini lebih baik daripada mengobati jika penyakit sudah datang menyerang. Dengan kata lain kita harus berupaya memelihara kesehatan setiap saat untuk jangan sampai jatuh sakit. Seorang praktisi reiki yang rajin melakukan pencegahan penyakit dengan cara rajin melakukan pembuangan energi negatif/penyakit dari dalam tubuhnya, bukan berarti kebal dari serangan virus.

Bahkan seorang guru reiki (master reiki) yang handal sekalipun juga bisa jatuh sakit apabila kelelahan dalam kesibukan kerja sehari-hari. Daya tahan melemah dengan sendirinya akan mudah terserang virus penyakit. Untuk itulah setelah menjadi praktisi reiki kita pun dituntut rajin melakukan meditasi grounding (terhubung ke bumi) atau meditasi gassho, self healing dan distance healing kepada orang lain yang sedang sakit atau pun masih sehat.

Self healing reiki agar tubuh tetap sehat bugar setiap hari.

Tujuan meditasi grounding atau meditasi gassho ialah untuk membuang energi negatif atau energi penyakit, mengaktifkan dan menyeimbangkan terus chakra-chakra tubuh serta membuang seluruh penyumbatan dalam sistem saluran energinya. Dengan bersihnya pembuluh energi tubuh maka akan membuat kelenjar endokrin bekerja lebih baik sehingga organ-organ tubuh yang berkaitan dengan chakra tetap terjaga dengan baik dan sehat.

Untuk menjaga kesehatan pribadi di samping olahraga fisik mempraktekkan grounding juga perlu. Akan lebih baik lagi bila melakukan self healing full body treatment dengan mengalirkan reiki ke 18 titik di tubuh. Memang kegiatan full body treatment memerlukan waktu panjang dari 30 menit hingga 1 jam. Tentu merepotkan bagi praktisi reiki yang super sibuk dan selalu saja ada alasan menunda self healing. Namun jika kita menyadari kesehatan adalah segala-galanya tak ada alasan untuk berhenti latihan reiki.

Sehat dengan reiki pun sadar bahwa kita ini bukan manusia sakti  yang kebal dari serangan penyakit. Kita mempunyai peluang sama untuk jatuh sakit apabila daya tahan tubuh lemah, kurang istirahat dan gampang stress. Oleh sebab itu salah satu gaya hidup sehat adalah mengupayakan istirahat cukup, makan teratur , selalu sempatkan olahraga setiap harinya minimal 30 menit hingga 1 jam dan jangan gampang stress. Masih kurang cara meraih sehat itu?  Gampang kok caranya…belajar reiki.