Sahabat sehat bersama Waskita Reiki tentu Anda pernah melewati daerah Caruban, sebuah kota kecil yang berada di Jawa Timur. Daerah ini cukup populer bagi orang yang biasa berkendara lewat jalur tengah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur atau pun sebaliknya. Alam Caruban begitu hijau dengan tumbuhan jati dan tanaman tumpang sari milik penduduk desa.

Saat musim kemarau tiba banyak daun jati berguguran menyisakan batang pohon jati yang meranggas. Itulah berita seputar Caruban yang dalam peta ilmu bumi letaknya dekat kota Madiun Jawa Timur. Caruban pun diam-diam menyimpan kuliner khas kota ini, yaitu botok tawon. Ternyata lauk pauk yang bahan utamanya dari parutan kelapa, ikan teri, tawon muda plus petai cina alias mlandingan sudah cukup populer di wilayah ini.

Saat berkendara bersama keluarga di minggu pertama Lebaran 2009 lalu, sehat bersama Waskita Reiki melintas di wilayah ini dalam perjalanan menuju rumah kerabat di Tulungagung. Hanya saja karena masih dalam suasana Lebaran, kedai botok tawon masih tutup . Kami pun tidak bisa mencicipi makanan khas Caruban yang terkenal dengan menu botok tawon sebagai lauk pelengkap nasi putih.

Keinginan untuk mencicipi botok tawon pun urung hingga kami sekeluarga pulang ke Jakarta. Nah….fantasi mencicipi botok tawon ini pun berlalu sudah. Kami terpaksa berangan-angan kapan lagi bisa sampai ke kota ini untuk sekedar ngicipi botok tawon. Angan-angan itu pun melayang dibawa angin  hingga akhirnya ada laporan rekan Setyo Rahmawanto dari Televisi Jawa Timur ( 21/03) yang mewartakan seputar botok tawon makanan khas Caruban ini.

Botok tawon adalah makanan serupa pepes, namun isinya anakan tawon beserta sarangnya. Biasanya sarang tawon berisi larva dan tawon muda dimasak dalam santan yang dibumbui. Rasanya gurih dan kenyal. Foto : Nurul Hidayat.

Anda tentu mengetahui bahwa tawon membawa manfaat bagi kehidupan manusia. Selain madunya diambil, tawon atau lebah bisa juga dimanfaatkan untuk lauk pauk peneman nasi putih pulen yang terhidang di atas meja. Di Caruban ini ada sebuah depot makanan siap saji yang menghadirkan menu spesial yaitu botok tawon.

Menyantap botok tawon layaknya kita menyantap menu botok petai cina terasa lebih enak jika menggunakan nasi putih hangat. Apalagi ditambah lauk pauk seperti ikan gurame atau pun kikil. Namun jika lauk ini tidak ada, menyantap botok tawon saja plus nasi putih pulen sudah luar biasa enaknya.

Untuk bisa mencari depot yang menyajikan botok tawon tidaklah sulit. Nyonya Lani Setiyani pemilik depot botok tawon sudah akrab dengan menu yang satu ini. Ia membuka warungnya yang terletak 50 meter arah barat Pasar Caruban.

Memasak botok tawon seperti halnya memasak botok, hampir semua bumbu yang digunakan sama. Bumbu yang digunakan antara lain garam, kemiri, tomat, lombok, kelapa yang sudah diparut lembut dan sedikit gula. Yang membedakan dengan botok lainnya hanyalah bahan utama yaitu sarang tawon atau lebah madu.

Tak heran jika harga botok tawon sedikit mahal dibanding dengan botok petai cina misalnya. Sebab untuk bisa mendapatkan sarang lebah madu, harus ada yang menyediakan bahan ini. Umumnya mengandalkan kepada peternak lebah madu yang membudidayakan sarang lebah madu atau ada petugas khusus yang berburu sarang lebah madu di hutan jati wilayah ini. Sementara untuk memasaknya hampir sama dengan cara memasak botok petai cina.

Nyonya Lani menuturkan cara memasak botok tawon yaitu bumbu disiapkan, lalu dihaluskan. Setelah halus dicampur dengan irisan sarang tawon berbentuk kubus kecil. Adonan bumbu dan sarang tawon ini lalu dibungkus menggunakan daun pisang lalu dimasak hingga matang.

Setelah matang, botok tawon diangkat dan siap disantap. Sri Mulyani koki yang membuat botok tawon di kedai ini menuturkan, bahwa ia sudah menggeluti pekerjaannya ini selama 2 tahun. Bagi Anda pencinta kuliner jalanan jika kebetulan berkendara lewat Caruban silakan mampir menikmati menu special botok tawon bersama keluarga Anda. Harganya cukup murah….silakan mampir sambil mencicipi Es Kelapa Ijo Muda.

Atau sahabat sehat bersama waskita reiki di siang hari yang terik ini sudah bersiap untuk santap siang di rumah atau kantor, visualkan saja botok tawon dalam pikiran anda. Namun jika ternyata di kota Anda juga ada penjual botok tawon bersyukurlah. Karena tawon alias lebah sebagai penghasil madu ternyata juga enak dijadikan lauk. Tawon ora arep ngentup kok? Selamat bersantap siang.