Anda senang dengan minuman berakohol? Ada baiknya menyimak hasil penelitian program Nurses Health Study. Disebutkan dalam penelitian, meskipun kecil ukuran anggur yang diminum wanita sebanyak 3 – 6 gelas per minggunya, ia lebih beresiko terkena kanker payudara dibandingkan dengan perempuan yang tidak meminumnya sama sekali.

Wanita yang minum 3 – 6 gelas anggur per minggunya diminta mengisi kuesioner tentang konsumsi alkoholnya yang lalu dihubungkan dengan kanker payudara. Kajian itu dilakukan terhadap data 105.986 perempuan selama 28 tahun ( 1980 – 2008 ). Hasilnya di tengah periode penelitian, terdiagnosis 7.690 kasus kanker payudara ganas.

Detailnya ditentukan rata-rata 333 kasus kanker payudara per 100.000 perempuan di antara mereka yang meminum 3 – 6 gelas anggur per minggunya. Lalu, 281 kasus per 100.000 perempuan di antara mereka yang tidak minum alkohol. Di antara perempuan yang minum lebih dari 6 gelas per minggunya, resikonya lebih tinggi lagi.

Kenaikan risiko kanker itu menurut peneliti, terkait dengan perubahan level hormon estrogen. Namun menurut Dr. Wendy Chen dari Brigham and Women’s Hospital di Boston, Amerika Serikat menyatakan mengonsumsi anggur kurang dari tiga gelas per minggunya tidak akan meningkatkan risiko kanker.

Para peneliti berpendapat bahwa alkohol menaikkan level hormon seks wanita, estrogen, yang diyakini memicu pertumbuhan tumor.

Bahkan penelitian lain menyebutkan, anggur dalam jumlah tertentu menyehatkan jantung. ” Saya tidak berpikir bahwa pesan yang dibawa pulang para perempuan, tidak boleh minum anggur lagi, ” ujar Chen, seperti dikutip Livescience Selasa ( 1/11 ).

Nah, daripada bingung-bingung dengan angka-angka uji statistik yang disodorkan oleh tim penelitian tentang dampak minum anggur, apakah berbahaya atau tidak, mulai sekarang ini tiap individu harus tetap aware menjaga kesehatan dalam dirinya. Mari terus galakkan hidup sehat sampai tutup usia kelak. Ada banyak pilihan menuju hidup sehat berkualitas.

Salah satunya edukasi kesehatan baik lewat forum kesehatan, dialog di televisi dan radio, rubrik surat kabar bahkan milis di internet, perlu kita cermati dengan baik . Pesan yang diberikan sangat beragam isinya. Namun tujuan itu semua adalah mengajak setiap orang meningkatkan kesehatan dalam dirinya semaksimal mungkin.

“Berhenti minum alkohol dapat menurunkan kesempatan terkena kanker payudara, serta membuat berat badan tetap sehat dan tubuh menjadi aktif,” begitulah pesan indah minggu ini. Caranya terserah Anda yang lebih pintar menentukan pilihan untuk hidup sehat berkualitas.

Sumber : Livescience / GSA.