Sebagaimana diketahui bahwa simbol Cho Ku Rei berfungsi untuk meningkatkan panas, mengaktifkan chakra-chaka utama, memperkuat daya simbol lain serta perlindungan diri. Sementara simbol Sei Hei Ki berfungsi untuk menangani masalah mental, emosional, pembersihan chakra, membuang energi negative penyakit dan membersihkan ruangan dari gangguan makhluk halus. Sedangkan simbol Hon Sha Ze Sho Nen berfungsi sebagai jembatan penghubung ruang dan waktu sebelum dan sesudahnya juga untuk keperluan penyembuhan jarak jauh.

Di samping untuk keperluan penyembuhan jarak jauh simbol HSZSN juga dipakai untuk membuat progam otomatisasi energi agar berlangsung secara terus menerus mengalir ke diri seorang pasien sesuai keinginan praktisi Reiki yang menyalurkannya. Progam energi ini begitu rumit dan hanya bisa dikerjakan oleh praktisi Reiki yang sudah menduduki level Personal Mastery atau Reiki Master dan juga telah berpengalaman melakukan transfer energi perorangan atau kelompok jarak jauh dengan menggunakan media siaran radio, televisi, udara, posting artikel di internet juga chating lewat internet.

Sebagai contoh membuat progam penyaluran energi secara terus menerus baik jarak dekat atau jauh agar energi tersalur kepada pasien yang menderita penyakit cukup berat. Agar progam ini bekerja secara terus menerus dalam waktu panjang perlu dipikirkan bahwa energi yang telah disalurkan ke pasien itu makin lama makin habis masa pakainya manakala sebuah instuksi progam dijalankan. Agar progam terus berlanjut maka diperlukan progam ke dua sebagai penguat ( back up ) yang juga bersama-sama bekerja secara serentak mengikuti instruksi si progammer energi agar energi yang telah dipakai segera terisi kembali.

Jadi secara garis besar sebuah progam energi reiki agar dapat bertahan lama harus mempunyai dua bagian, yaitu bagian utama ( memberikan energi, membersihkan lalu membuang kotoran penyakit ) yang semuanya akan mempergunakan energi dari progam dan bagian tambahan untuk menarik lagi energi baru agar simbol yang telah diprogam tidak akan kekurangan energi. Menurut Irmansyah Effendi Master Reiki Tummo dalam bukunya Reiki Kemampuan Penyembuhan Luar Biasa Secara Seketika memberikan contoh teknik pemrogaman energi sebagai berikut :

Simbol Reiki CKR-SHK-HSZSN digambar secara berurutan di tubuh pasien, misalnya di telapak tangan kiri pasien lebih dahulu lalu memberikan pengarahan energi ( afirmasi ), “Semoga dengan izin Tuhan YME Energi dari Reiki tersimpan di telapak tangan kiri pasien ini untuk disalurkan ke lutut kiri”, apabila yang sakit lutut kiri.  Setelah itu salurkan energi beberapa saat ke tubuh pasien. Berikutnya buat gambar ketiga simbol Reiki dengan urutan dan cara yang sama seperti di atas.

Ketiga simbol Reiki yang kedua ini ditujukan untuk pemograman dan diarahkan (afirmasi) sebagai berikut, ” Sesuai dengan hukum relativitas dari Reiki, setiap kali pasien ini menghembuskan nafas, maka pasien menerima penyaluran energi ke lutut kirinya dan setiap kali pasien ini menarik nafas, maka simbol-simbol ini akan menarik energi Ilahi secara terus-menerus guna mengembalikan seluruh kekuatan dari progam ini.”

Simbol reiki HSSZN sebagai simbol jembatan jarak jauh praktisi dan pasien reiki.

Setiap praktisi Reiki bebas membuat afirmasi progam Reiki ini asalkan kuncinya “sesuai dengan hukum relativitas dari Reiki”.  Semakin sering melakukan pemrogaman energi Reiki, praktisi semakin piawai bisa merancang afirmasi mana yang tepat untuk digunakan dalam penyaluran energi baik jarak dekat atau jarak jauh. O, ya kalau pasien yang hendak dibuatkan progam otomatisasi berada di tempat yang jauh, maka lebih dahulu praktisi membuat simbol HSZSN lebih dulu agar terhubung jembatan ruang dan waktu antara praktisi dan pasien dengan contoh afirmasi yang sehat dengan kundalini reiki lakukan kepada seorang famili dari Solo yang bekerja di kapal pesiar Amerika, saat ini sedang berlayar di perairan Karibia.

Bunyi affirmasi, ” Energi Reiki ini diterima Mas Tafrikan di atas kapal pesiar yang sedang berlayar di Karibia. Energi bekerja dan diterima langsung yang bersangkutan ketika istirahat malam saat merebahkan diri di kamar. Perkuat penyaluran energi reiki ini tak terhingga kali lipat dan bekerja terus menerus selama 10 hari. ” Setelah memberikan instruksi affirmasi, kita salurkan energi Reiki ke Mas Tafrikan ini selama 30 menit.

Mengingat waktu Jakarta saat ini Kamis pagi, maka waktu perjalanan kapal pesiar di perairan Karibia saat ini adalah Rabu malam waktu setempat, waktu yang tepat untuk menyalurkan energi reiki karena yang bersangkutan sudah istirahat tidur di kamar kapal.  Setelah penyaluran energi reiki sesi pertama selesai selama 30 menit, berikutnya kita buat ketiga simbol Reiki sekali lagi dengan urutan simbol CKR-SHK-HSZSN. Selesai ketiga simbol reiki digambar dan menjadi bola padat terbentuk dari gabungan ketiga simbol tadi, kita berikan affirmasi yang intinya menegaskan untuk apa energi reiki ini disalurkan.

Contoh bunyi afirmasi dirancang sebagai berikut, ” Sesuai dengan hukum relativitas dari Reiki, setiap kali Mas Tafrikan menarik napas maka energi Reiki mengalir ke perutnya ( misalnya sakit perut ) dan setiap kali dia menghembuskan nafas, maka progam energi ini akan dialiri energi reiki baru dan energi diperkuat tak terhingga kali lipat menyebar merata ke seluruh tubuh khususnya di bagian perut yang sakit. Energi dari Reiki ini mengalir secara terus menerus selama 15 hari baik di saat Mas Tafrikan tidur, terjaga atau bekerja sampai energi ini habis dengan sendirinya.”

Barangkali menurut pendapat Anda progaram otomatisasi energi reiki sangat ruwet bila kita tidak menguasai dan paham akan arti simbol reiki. Tidak mengapa sahabat. Seiring perjalanan waktu Anda belajar dan praktek reiki, kelincahan Anda menggunakan simbol reiki akan terasah juga. Namun di samping menggunakan program otomatisasi energi reiki dengan menggambar simbol reiki, ada juga program otomatisasi penyaluran energi reiki cukup dengan mengucapkan affirmasi yang dirancang secara tepat, akurat sesuai dengan kebutuhan untuk apa energi ini digunakan.

Seperti tradisi Reiki Kundalini yang tidak menggunakan simbol reiki dan lebih memfokuskan diri kepada rancangan program energi reiki dengan kekuatan bunyi affirmasi, toh bagi yang menggunakan simbol reiki atau pun yang tidak, energi reiki akan diterima dengan baik yang bersangkutan. Karena begitu pentingnya menguasai program pembuatan energi reiki khususnya untuk pasien jarak jauh, sangat disarankan Anda mampu melipatgandakan terlebih dulu energi reiki yang Anda himpun sebelum disalurkan ke pasien. Dengan menguasai memprogram energi reiki dengan sendirinya Anda secara otomatis sudah mempunyai asisten yang otomatis juga akan membantu meringankan tugas Anda saat menyalurkan energi reiki, baik saat menyalurkan atau saat Anda sudah off dari kegiatan distance healing.

Saat Anda sudah off dari kegiatan distance healing, maka program energi reiki yang telah Anda buat akan bekerja dengan caranya sendiri mengikut perintah yang telah dibuat berdasarkan affirmasi yang diucapkan. Karena energi reiki adalah energi yang cerdas dan bekerja mengikuti instruksi praktisinya, maka  energi akan langsung bekerja begitu diniatkan. Mudah kok membuat program otomatisasi energi reiki jarak jauh, semudah Anda membalikkan telapak tangan jika Anda sudah duduk di level Personal Mastery. Jadi kapan lagi mempraktekkan memprogram energi reiki kalau tidak dari sekarang ini ?