Sebuah mesin penjual emas otomatis dipasang di sebuah pusat perbelanjaan Westfiled di London barat sebagai uji coba sebelum diluncurkan di seluruh Inggris tahun ini. Mesin ini mengeluarkan lempengan emas yang akan memudahkan para konsumen untuk melakukan investasi dalam bentuk emas. Mesin bernama gold to go merupakan terobosan bagi konsumen yang menggunakan mesin ini dengan memasukkan uang dan mendapatkan lempengan emas sesuai jumlah uang yang ia setorkan.

Harga emas mengacu pada harga pasar duna dan berubah setiap 10 menit. Pihak perusahaan memberikan marjin sebagai biaya pengelolaan, terutama untuk memproduksi koin-koin emas kecil. Mesin penjual emas otomatis sebanyak 50 buah nantinya akan dipasang di seluruh Inggris beberapa tahun ke depan.

Mesin penjual otomatis (Vending Machine) emas Inggris yang pertama, diberi nama ‘Gold to Go’, telah dibuka di pusat perbelanjaan Westfield di London barat.

Perwakilan gold to go menyatakan, investasi emas telah menunjukkan performa yang bagus selama beberapa tahun belakangan ini. Harga emas terus meningkat. Mereka menganggap emas tidak semata-mata sebagai investasi, namun juga sebagai proteksi ataupun asuransi terhadap uang kertas. Sebelumnya 17 mesin di pasang di negara lainnya dan yang terbanyak berada di Jerman dan Dubai.

Ini mengikuti peluncuran pertama kalinya mesin penukar uang untuk emas, yang diaktifkan tahun lalu di Emirates Palace Hotel, Abu Dhabi. Mesin-mesin ini untuk pertama kali diuji di Jerman pada tahun 2009. Namun Produsen Jerman Ex Oriente Lux memilih Abu Dhabi untuk peluncuran resmi penemuannya karena tingginya permintaan di daerah tersebut untuk emas.

Menurut Daily Telegraph mereka datang dengan ide untuk memanfaatkan reputasi emas sebagai investasi yang aman dan menciptakan cara mudah untuk membeli sesuatu yang dipandang sebagai investasi yang solid. Sebuah komputer dalam mesin mengupdate harga setiap 10 menit, untuk mencerminkan fluktuasi di pasar dunia. Tidak ada penjaga keamanan yang melindungi mesin, namun para pencuri masih harus berhadapan dengan baja yang diperkuat dengan sistem alarm yang canggih dan akan berbunyi jika ada pencuri yang menggondol mesin ini.

Sumber : Reuters/Gold Machine in England.