Menarik sekali bila kita menyalurkan energi reiki dengan sistem pemrograman energi.  Biasanya kemampuan ini akan diperoleh oleh seorang praktisi reiki jika sudah di tingkat 3 atau bergelar Senior Personal Mastery Reiki. Artinya dengan kemampuan memprogram energi reiki untuk disalurkan kepada orang lain tidak harus seketika itu juga sampai kepada si penerima energi reiki. Energi reiki akan sampai kepada sipenerima tepat ketika diniatkan sampai kepada sasaran.

Karena reiki tidak dibatasi oleh waktu, maka energi reiki dapat dikirimkan kepada pasien yang memerlukan penyembuhan di waktu mendatang atau sebaliknya di waktu lampau dalam kehidupan pasien. Atau energi reiki saat itu juga akan sampai kepada pasien bila antara keduanya sudah saling membuat perjanjian untuk mengirim dan menerima energi reiki. Misalnya yang biasa sehat dengan kundalini reiki lakukan setiap malam saat mentransfer energi reiki tepat jam 22.00 wib, maka semua pasien yang telah membuat perjanjian ingin menerima energi reiki saat itu juga akan menerima di kediaman masing-masing. Selain energi diprogram untuk bekerja di waktu lampau, sekarang dan akan datang, energi reiki juga dapat diprogram untuk bekerja kepada semua pasien yang berlainan tempat tinggalnya.

Sebagai praktisi reiki yang juga sibuk bekerja terkadang kita tidak bisa menepati janji. Begitu pula si penerima energi reiki yang super sibuk terkadang lupa akan janjinya untuk menerima energi reiki sesuai dengan kesepakatan waktu yang dibuat dengan praktisi reiki, maka untuk mengantisipasi kondisi ini, penyaluran energi reiki dapat kita program ke depan atau kebelakang dari waktu pengiriman yang telah disepakati berdua. Misalnya kita ingin mengirimkan energi reiki jam 22.00 wib malam hari. Ternyata pada jam itu kita masih ada kesibukan, maka pengiriman energi dapat kita buat di pagi hari atau siang hari dengan niat energi reiki akan sampai ke pasien tepat jam 22.00 sampai dengan 22.30 wib.

Menerapi diri sendiri dengan energi reiki atau non reiki ke dalam pikiran alam bawah sadar yang menyimpan trauma.

Caranya sangat mudah sekali. Anda bisa menggunakan simbol reiki jarak jauh atau tanpa simbol reiki sesuai dengan tradisi reiki yang Anda pelajari. Contohnya, misalnya kita ingin membuat program penyaluran energi reiki seperti kasus di atas, dapat dilakukan di pagi hari. Kita buat bola energi dengan simbol CKR – SHK dan HSSZN yang diberi affirmasi ketiga simbol energi ini menyatu menjadi satu kesatuan utuh dan padat yang diperkuat sekian ratus/ribu kali lipat dan akan sampai ke tujuan nanti malam tepat jam 22.00 wib. Salurkan energi reiki kurang lebih setengah jam, seakan-akan saat itu juga kita sedang berhadapan dengan pasien.

Dengan pembuatan program penyaluran energi di pagi hari, energi reiki yang dibuat saat itu akan dipending ke dalam alam bawah sadar praktisinya dan tidak langsung terkirim ke pasien. Energi reiki akan otomatis terkirim tepat jam 22.00 wib saat si pasien siap dalam posisi menerima energi reiki. Untuk mengantisipasi si penerima energi reiki terkadang lupa akan janjinya menerima reiki tepat waktu, maka pemrograman energi perlu dilakukan dengan niat energi reiki akan diterima pasien reiki kapan pun dia meniatkan untuk menerima reiki. Karena itulah sistem pemrograman energi reiki selain praktisi harus familiar dengan simbol reiki, juga harus mampu merancang kalimat affirmasi yang nanti akan mengiringi perjalanan energi reiki untuk sampai ke tujuan tepat sasaran.

Selain pemrograman energi reiki untuk masa yang akan datang, energi reiki bisa kita salurkan ke masa lampau dalam kehidupan pasien yang menderita traumatis berkepanjangan. Misalnya seorang TKW yang baru saja pulang dari Arab Saudi menceritakan apa adanya kelakuan majikannya di Arab Saudi kepada pers. Lima tahun lalu ia bekerja di Arab Saudi dan oleh majikannya ia diperlakukan tidak senonoh. Pengalaman traumatis ini tentu saja membekas ke dalam alam bawah sadar sang TKW sehingga menimbulkan dampak psikologis yang membekas dalam pikirannya.

Untuk menghapus jejak kelam pengalaman traumatis ini, maka Reiki dapat kita salurkan ke masa 5 tahun lalu masuk ke detik-detik saat TKW mendapatkan pelecehan seksual. Dengan mengalirkan energi reiki ke masa lima tahun lalu secara berulang-ulang dalam pikiran TKW, maka rekam jejak kelam dalam pikiran TKW dapat dihilangkan pelan-pelan. Singkat kata program ini bertujuan untuk menghilangkan trauma pasien karena kejadian yang sangat traumatis pada waktu lampau sehinggi pasien mengalami cacat psikologis.

Dengan memprogram penyaluran energi reiki ke masa lampau ketika peristiwa itu terjadi, trauma yang timbul dari peristiwa memilukan itu dapat dihilangkan. Penyaluran energi tersebut dapat membuat alam bawah sadar pasien terbongkar dan hal-hal yang menjadi sebab dampak traumatis yang tersimpan di dalam alam bawah sadarnya itu hilang. Ibarat kita merekam gambar maka pita atau hard disk tempat menyimpan data rekaman akan dihapus menjadi bersih kembali, sehingga data rekaman lama sudah tidak ada dan mengisinya dengan data baru yang lebih baik. Demikian halnya dengan pikiran bawah sadar pasien yang sudah menyimpan trauma negatif berkepanjangan, dengan reiki atau energi non reiki lah hasil rekaman itu dihilangkan. Pemograman reiki atau energi non reiki seperti itu sangat baik dilakukan oleh seorang dokter psikiater.