Sekali lagi bicara masalah depressi di tempat kerja akibat rutinitas pekerjaan juga tekanan kehidupan yang saling berkesinambungan mengakibatkan keluhan bagi si penderita, tak ada salahnya menyimak penelitian mengenai otak manusia. Penelitian mengenai otak manusia ( brain lateralization ) menjelaskan  bahwa keluhan itu disebabkan penggunaan otak kiri secara berlebihan. Sementara otak kanan kurang dioptimalkan dalam kegiatan harian.

Sejumlah penelitian mengungkapkan stimulasi otak kanan sejak usia dini membuat seseorang memiliki kecerdasan intelektual, nalar kuat dan daya tangkap cepat. Selain itu seseorang juga menjadi riang, inovatif dan tidak mudah stress. Kajian ini juga mengungkapkan fakta bahwa dua belahan otak manusia berfungsi identik.

Otak kiri memiliki kemampuan berpikir analitis yang mengandung nalar dan logika. Sementara otak kanan berpikir sintesis membentuk konsep, emosi, intuisi dan imaginasi kreatif. Mendengarkan musik adalah salah satu cara merangsang otak kanan. Selain itu, dianjurkan pula untuk memecahkan persoalan dengan metode pemetaan pikiran ( mind map ). Metode ciptaan Tony Buzan tahun 1970 itu masih relevan dengan kondisi sekarang ini.

Metode itu memadukan kemampuan otak kiri yang mengandalkan logika dan otak kanan yang mendorong inovasi. Perlu diketahui bahwa 80 persen otak terdiri atas air. Karena itu jangan biarkan tubuh kekurangan air. Dehidrasi ringan yang sering menghinggapi seorang karyawan karena kelelahan kerja dapat meningkatkan hormon stres yang dapat merusak otak. Akibatnya seseorang mudah mengalami depressi.

Otak manusia sebagai perangkat berpikir masih menyimpan misteri. Sigmun Freud pakar psikoanalisis berteori bahwa otak manusia adalah segala-gelanya. Sedangkan dalam buku Use Your Head karangan Toni Buzan menyebutkan otak manusia ibarat raksasa tidur. Masih menyimpan teka-teki dan banyak hal belum bisa dipecahkan secara keilmuan.

Selama ini orang sudah sering mendengar otak manusia terbagi menjadi dua bagian penting, yakni otak kanan dan otak kiri. ” Otak kiri untuk hal-hal yang rasional, masuk akal, nyata, berpikir linier. Sedangkan otak kanan berkaitan dengan imajinasi, musik, kesenian, merasa bahagia dan konstruksional, ” tutur dr. Samino, Sp.S ( K ), spesialis saraf dari RS Islam Cempaka Putih.

Dalam praktek selama ini kebanyakan otak kiri yang diberdayakan daripada penggunaan otak kanan untuk kegiatan berpikir. Tapi sejak muncul istilah kecerdasan emosi, otak kanan pun mulai banyak dibahas dalam forum ilmiah. Trik dan metode mengoptimalkan otak kanan mulai bermunculan dalam forum lokakarya dan pertemuan seputar pendayagunaan otak kanan yang muaranya mengarah kepada kecerdasan spiritual seseorang.

Memanfaatkan peranan kedua otak kanan dan kiri memang harus dimanfaatkan secara seimbang. Pasalnya setiap memori yang dibangun otak kiri akan menjadi memori jangka panjang yang disimpan ke dalam otak kanan. Jadi antara otak kiri dan kanan mempunyai semacam jembatan penghubung yang erat. Jika dianalogikan otak mirip komputer. Di Tiongkok komputer diberi istilah sebagai junnye yang berarti otak listrik atau otak yang bekerja pakai listrik.

Sumber : Komodifikasi Kompas dan Mind, Body and Soul 3.

 

About these ads