Irmansyah Effendi Msc dalam buku Kundalini menulis, salah satu kekuatan psikis yang cukup mudah untuk dimiliki seseorang apakah dia seorang praktisi reiki atau non praktisi reiki adalah pewaskitaan. Untuk mencapai tataran itu seseorang harus mengetahui pewaskitaan dengan mengetahui organ-organ eterik yang berfungsi untuk pewaskitaan dan cara mengaktifkannya. Pewaskitaan dapat aktif dalam beberapa hari saja bagi orang yang berbakat.

Indera yang berfungsi untuk pewaskitaan dapat dibagi dalam 2 kelompok yaitu kamera dan penerima. Kamera atau pintu masuk penglihatan adalah chakra mata ketiga sampai chakra mata ketujuh. Di samping dua mata fisik yang bisa dilihat, manusia mempunyai lima mata lagi yang berada pada tingkat eterik dan tidak bisa dilihat. Gambaran yang masuk lalu diterima oleh kelenjar pineal untuk disampaikan ke otak. Otak inilah yang akan menyimpan memori ( merekamnya ) dan suatu saat akan dimunculkan kembali ( playback ) bila diperlukan.

Untuk mengaktipkan sebuah mata eterik, chakra bersangkutan harus terbuka. Jaringan pelindung yang terletak dibelakang chakra juga harus dibuka. Ibarat shutter pada kamera jaringan pelindung sangat halus mudah robek dan rusak. Apabila jaringan pelindung robek, maka mata eterik akan aktif secara terus menerus yang berakibat yang bersangkutan akan sering melihat hal-hal yang tidak diinginkan. Seharusnya mata eterik dapat diaktifkan atau diistirahatkan sesuai keinginan.

Sebagai contoh mata ketiga (chakra ajna) mempunyai fungsi untuk melihat energi kasar misalnya badan halus, mata kelima yang terletak di dahi untuk melihat energi yang lebih halus lagi seperti tubuh astral, chakra, aura dan sebagainya. Semua kemampuan ini dimungkinkan karena adanya kelenjar pineal yang berfungsi untuk pewaskitaan. Tanpa aktifnya kelenjar pineal pewaskitaan tidak dapat dimiliki. Jadi pada saat seseorang berlatih Kundalini maka kelenjar pineal akan diaktifkan dan dibersihkan sehingga kelenjar ini berfungsi dengan baik.

Organ penting lainnya di dalam otak adalah kelenjar pituitary yang mempunyai kemampuan untuk memanjang dan memendek berfungsi sebagai alat zoom seperti halnya lensa pada kamera. Kemampuan pewaskitaan sebenarnya luas misalnya melihat badan halus, aura, organ tubuh, tulang, penyakit dalam tubuh dan seseorang berada di tempat jauh. Namun harus diingat bahwa dalam belajar Kundalini untuk keperluan ini akan membelokkan arah dari tenaga kundalini ke chakra mata ketiga saja. “Akibatnya tenaga kundalini tidak mengalir menuju ke chakra mahkota lagi,” tulis Irmansyah Effendi yang menutup sub bab 6 Kundalini Kekuatan-Psikis dan Pewaskitaan.

Itu tadi mengenai kelenjar pineal yang berfungsi sebagai kekuatan pewaskitaan. Ada lagi fungsi kelenjar pineal dalam ilmu kedokteran yang mengeluarkan Melatonin di pusat otak, merupakan antioksidan paling ampuh yang pernah ditemukan dan dapat menangkal oksidasi dalam tubuh. Sebagaimana ditulis dalam gaya hidup awet muda, melatonin adalah substansi yang keluar dari kelenjar pineal di pusat otak. Berbagai studi menunjukkan melatonin adalah master hormone yang merangsang keluarnya berbagai hormon lain.

Berbagai hormon tersebut pada gilirannya mengatur banyak proses metabolisme dalam tubuh mulai dari mencerna makanan sampai dengan masalah menstruasi. Dengan kata lain melatonin merupakan kunci penting untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. Melatonin menjaga agar sistem tubuh yang beragam tetap selaras berfungsi sebagai kesatuan yang harmonis. Melatonin membantu memperbaiki sel-sel dan sistem-sistem yang telah rusak karena paparan zat-zat berbahaya dan tekanan hidup sehari-hari.

Tentunya sahabat sehat dengan reiki semuanya akan menuju proses penuaan bukan? Kita sadar bahwa pada saat proses penuaan berlangsung, sistem-sistem tubuh yang telah tertata rapi akurat mulai mengalami kemunduran. Terjadilah kehilangan ingatan yang mungkin terkait dengan gangguan pada tidur. Selain itu sistem endokren menjadi kurang peka membuat produksi hormon yang salah atau melepaskan hormon pada saat tidak tepat. Sistem kekebalan tubuh ikut terganggu sehingga membuat kita lebih rentan terhadap infeksi.

Indikasi penuaan terjadi pada fungsi melatonin yang mengkoordinasi irama-irama tubuh. Kekuatan pendorong di balik proses penuaan adalah lepasnya radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Di dalam tubuh melatonin bertindak sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Lebih kerennya lagi melatonin disebut sebagai hormon awet muda. Radikal bebas adalah atom atau molukel yang tidak lengkap. Pada sel-sel hidup radikal bebas merupakan senyawa pemberontak yang mengacaukan struktur kimiawi sel. Radikal bebas mungkin tidak menghancurkan sel sepenuhnya tapi dapat mengakibatkan kerusakan permanen.

Saya kira setiap orang mendambakan tetap awet muda kendati pun usia terus merangkak. Awet muda sekaligus sehat bugar itulah harapan kita semua setelah mampu mengolah energi dalam praktek reiki kundalini. Agar awet muda tetap berjalan sesuai dengan tambahnya usia hidup maka mempertahankan produksi melatonin senantiasa optimal sangat penting. Jika Anda hobi dengan yang satu ini diharapkan keinginan awet muda terlaksana asalkan mengikuti pola hidup sehat secara medis dan non medis.

Menu makanan dapat membantu produksi melatonin misalnya makanan yang banyak mengandung asam amino tryptophan (susu) berfungsi sebagai blok-blok pembangun dasar bagi tubuh untuk terus memproduksi melatonin. Ketika melatonin dihasilkan datanglah rasa kantuk. Karena itu tidak salah kalau ada anjuran minumlah susu segar di malam hari agar cepat tidur pulas.

Makanan yang tinggi antioksidan dari vitamin E, C dan A dapat membantu mempertinggi khasiat melatonin sebagai senyawa anti penuaan. Orang Barat mempunyai pepatah sarapan pagi tanpa sari jeruk bagaikan hari tanpa sinar matahari. Sari jeruk adalah sumber vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dapat menangkal radikal bebas. Diet yang mengandung substansi pelawan radikal bebas merupakan bantuan tambahan bagi melatonin. Pangan sebagai sumber vitamin E seperti sayuran berdaun hijau tua, ubi jalar, mangga dan kacang-kacangan merupakan antioksidan yang kuat. Demikian halnya dengan pangan sumber vitamin A atau betakaroten seperti pepaya dan wortel.

Sebenarnya masih banyak lagi sumber vitamin dalam makanan yang menunjang melatonin. Tapi rasa kantuk menyerang akibat produksi melatonin milik sehat dengan reiki yang sedang aktip di malam minggu ini, maka saya akhiri saja artikel tulisan ini . Salam sehat saja di akhir pekan untuk Anda semua dan terus berkarya dalam setiap kesempatan.

Sumber : Kundalini karya Irmansyah Effendi MSc dan Gaya Hidup Awet Muda (diedit)