Orang China juga tidak mau kalah dalam meniru sesuatu. Sejak santernya hubungan antara William dan Kate Midleton yang secara resmi menikah tanggal 29 April 2011, jauh sebelum hari H pernikahan kedua sejoli itu, pemuda China yang satu ini pun dibuat sibuk dalam hal tiru meniru untuk mewujudkan pesta hari bahagianya. Memang orang China tidak saja pandai meniru barang produksi yang laku dijual ke pasaran, tetapi juga lihai meniru sesuatu  termasuk ide untuk melangsungkan pesta pernikahan ala Willam dan Kate dengan segala atribut pernikahannya agar diketahui warga lain.

Sahdan di daratan China ada seorang pemuda bernama Wang Xueqi berusia 23 tahun calon pengantin pria, terpaksa merogoh koceknya hingga 50.ooo yuan atau setara dengan Rp. 66 juta untuk menyelenggarakan pesta pada 18 April 2011. Pokoknya ia ingin tampil beda dan mendahului pesta akbar pasangan pengantin William dan Kate dari Inggris. Untuk itulah ia ingin saat pesta pernikahan nanti harus naik kereta kencana yang ditarik oleh dua ekor kuda serta dijaga pengawal berseragam lengkap.

Tidak itu saja untuk mewujudkan impiannya menikah ala bangsawan Inggris yang bakal menyedot perhatian warga dunia, pernikahannya  itu harus dimeriahkan dengan parade yang melibatkan 50 orang, puluhan mobil dan dua kuda. Pokoknya dibuat mirip-miriplah ala parade pernikahan bangsawan Inggris itu. Saat pernikahan prosesi dimulai dengan empat perempuan berbaju putih yang membawa bunga serta bendera Inggris.

Begini kira-kira penampilan William dan Kate di hari pernikahan, hasil rekaan para seniman.

Pengantin kemudian naik kereta kencana yang ditarik dua kuda lalu diikuti barisan para penjaga. Para penjaga tersebut tidak mengenakan pakaian khas China, tetapi topi tinggi, jas berbuntut panjang dan jas merah. Persis seperti penjaga di Istana Buckingham, London. ” Ada perasaan senang dan eksotis ketika melangsungkan pernikahan seperti ini, ” ujar Wang tanpa mau menyebutkan nama calon pengantin wanitanya, Rabu ( 27/04/2011 ).

Sumber : AP.