Minggu pagi (1/2/09) menjelang berangkat ke JHCC Senayan untuk liputan Imlek, sehat dengan reiki berkesempatan mampir ke warnet milik tetangga di Komplek Perumahan wilayah Tangerang Banten Timur. Kunjungan ini selain silaturahmi juga ingin mencoba fasilitas warnet yang ditawarkan nya. ” Mumpung masih pagi, ayo coba surfing internet ini, koneksinya lelet atau cepat”, katanya. Begitu pinta tetanggaku ini sambil mengepulkan asap rokoknya. ” Setelah pensiun dari Telkom aku menjalankan bisnis warnet ini”, ujarnya setengah promosi sambil mempersilakan sehat dengan reiki mencoba internet.

Pagi itu memang banyak sekali pelanggan yang berkunjung ke warnetnya. Ada 10 anak sedang main game on line, sementara 4 cewek ABG sedang berselancar di Face Book dan Web Site, 2 pria asyik chating. Sambil berselancar di dunia maya sebenarnya ada manfaat apa yang bisa dipetik dari warnet ini. Apa saja manfaat itu? Apakah pengunjung warnet akan mendapat informasi secara cepat? Inilah jawabannya.

Perkembangan iCafe (warnet) di Indonesia semakin hari semakin pesat. Mengapa demikian? Sebab melalui warnet, masyarakat dapat memperoleh berbagai macam informasi secara cepat dan terjangkau. Namun pesatnya perkembangan warnet tidak diimbangi dengan pengetahuan teknologi internet dan komputer yang mumpuni. Untuk mengurangi kesenjangan teknologi tersebut, Microsoft melalui salah satu progamnya yang dinamakan “Unlimited Potential” berupaya memberikan akses dalam lingkup pendidikan dan keterampilan berkomputer lewat pengembangan e-learning.

Melalui progam ini semua orang akan mendapatkan manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mudah diakses, terjangkau dan relevan bagi kebutuhan penggunanya. Oleh sebab itu, Mocrosoft fokus pada upaya pemberian solusi dalam tiga bidang penting yang saling berkait yaitu, transformasi pendidikan, mengembangkan inovasi lokal, dan membuka lapangan kerja serta peluang usaha lain.

Agar keuntungan progam ini dapat dinikmati masyarakat secara luas dan merata, maka warnet dipilih menjadi salah satu medianya. Oleh karena itu, Microsoft dan Multiplus ( yang dikenal dengan jaringan warnet-nya) berkolaborasi memberikan akses untuk beberapa teknologi piranti lunak kepada masyarakat luas. Melalui kerja sama ini, setiap orang dapat mengakses piranti lunak terbaik diantaranya Microsoft Office Suites, Microsoft Students Encarta, Microsoft Forefront, Visual Studio dan Expression Web Studio di dalam warnet.

Microsoft dan Multiplus mengembangkan progam “Bangun Mimpimu” (www.bangunmimpimu.com) dengan menawarkan pelatihan atau e-Learning untuk menggunakan piranti lunak tadi melalui 16 modul yang komprehensif. Sertifikasi resmi dari Microsoft akan diberikan kepada setiap peserta yang berhasil melewati modul tersebut. Sertifikasi ini diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan diri serta meningkatkan karir dalam pekerjaan dan usaha.

Nah bagi Anda yang berkeinginan mengembangkan kemampuan dalam dunia teknologi komputer dapat mengikuti progam ini di seluruh warnet Multiplus. Progam iCafe atau warnet ini memang akan memegang peranan penting bagi bangsa Indonesia. Diharapkan melalui progam ini, Microsoft dan Multiplus akan membantu pemerintah dalam mencetak tenaga kerja yang lebih berkualitas terutama dalam hal penggunaan teknologi komputer.

Ide segar untuk perkembangan jaringan digital internet di masa datang, agar di dalam warnet juga disediakan studio video editing dan recording sekaligus playback hasil editing. Mengingat saat ini untuk merekam gambar dan suara suatu program liputan sudah tidak diperlukan lagi kaset video. Data rekaman sudah terekam dalam hard disk dan tidak perlu lagu capture video yaitu memasukkan data gambar dari player ke harddisk komputer. Selesai liputan lalu diedit dalam format digital di komputer.

Selesai editing audio dan video lalu ditransfer ke server internet di studio lewat jaringan internet, di mana petugas di studio inilah yang akan menyiarkannya dalam format digital, digital SX, mini dv, dividi pro atau betacam SP. Ibaratnya warnet adalah studio berjalan dan bisa ditemui di manapun di perkotaan atau pedesaan. Siapa tahu obsesi ini menjadi kenyataan.

Sumber: Advertorial Microsoft Unlimited Potential. (edited)