Ribuan pengunjuk rasa anti pemerintah Suriah turun ke jalan memprotes penembakan yang dilakukan pasukan keamanan yang telah menewaskan pengunjuk rasa. Sejumlah video amatir memperlihatkan gerakan para pengunjuk rasa di kota Douma di pinggiran ibukota Suriah, Damaskus.

Ribuan pengunjuk rasa anti pemerintah Suriah turun ke jalan di kota Deera saat berlangsungnya pemakaman terhadap rekan mereka yang menjadi korban penembakan aparat, Senin 04/04/2011. Dari rekaman video amatir tampak pengunjuk rasa bergerak di kota Douma sambil menyerukan pembelaan terhadap para korban yang telah menjadi syuhada.

Sebuah rekaman video lainnya juga menunjukkan prosesi pemakaman Samer Howajri salah seorang korban penembakan, yang berlangsung di Homs, sebelah utara ibukota Damaskus. Sejauh ini kebenaran video itu belum dapat diverifikasi. Sebaliknya para saksi mata menyebutkan, pasukan keamanan telah melepaskan tembakan ke arah pengunjuk rasa di Douma.

Foto: AP Para demonstran menggotong jenazah seorang aktivis yang tewas Jumat, pada prosesi pemakaman di Quabon, dekat Damaskus.

Douma saat ini menjadi pusat pertemuan pengunjuk rasa anti pemerintah selain Damaskus dan kota lain di Suriah. Dalam rekaman video di Douma, terlihat para pengunjuk rasa dikejar dan dipukuli aparat keamanan yang tak segan menggunakan senjata. Kelompok hak azasi manusia menyatakan, puluhan orang telah menjadi korban rezim Suriah sejak munculnya gelombang unjuk rasa menuntut reformasi politik dan ekonomi di Suriah dua pekan silam.

Sumber : Reuters/Syria – In Protest and Funeral.

Iklan