Pemerintah Propinsi Basra Irak akan mengubah areal rawa-rawa di daerah Hor Al Hammar menjadi kawasan wisata. Di areal rawa-rawa tersebut akan dibangun sebuah dermaga untuk kapal wisata dan kapal nelayan. Pembangunan dermaga dan fasilitas lainnya di areal rawa-rawa di daerah Hor Al Ammar bertujuan untuk menarik wisatawan dalam dan luar negeri datang ke daerah itu.

Areal rawa-rawa di Hor Al Ammar pernah dimusnahkan oleh mantan Presiden Irak Saddam Husein saat berlangsungnya perang Irak – Iran tahun 1980 hingga 1988. Areal tersebut ditenggarai digunakan sebagai tempat persembunyian para prajurit yang membangkang. Ketika rawa-rawa dikeringkan masyarakat setempat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan petani kehilangan mata pencaharian.

Akibat pengeringan kawasan rawa-rawa yang sebelumnya memiliki luas 9.000 kilometer persegi menyusut menjadi 760 kilometer persegi. Setelah Saddam Husein lengser pada tahun 2003 masyarakat menghancurkan tanggul yang dibangun pemerintah dan menghidupkan kembali kawasan rawa-rawa dengan bantuan program lingkungan hidup PBB. Badan dunia itu juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya kepada masyarakat setempat seperti air bersih dan pembangkit listrik tenaga surya.

Sumber : AP.