Terapi BMH kependekan dari body mind healing sebagaimana layaknya tetapi komplementer lainnya, lebih banyak menggunakan kesadaran tubuh dan jiwa. Dalam praktek seseorang dapat masuk dalam kondisi ini bila ia mampu mengolah spirit dalam dirinya. Dengan demikian BMH secara bebas diterjemahkan sebagai terapi kesadaran tubuh yang menuntun kepada pemahaman bahwa tubuh manusia berjiwa. Tubuh bukan saja seonggok daging yang statis tetapi ia mempunyai sistem energi.

Kesadaran tubuh saling berinteraksi secara dinamis memperbarui diri setiap hari akan mengalirkan informasi dan berkomunikasi antar bagian organ tubuh. Hanya saja si empunya tubuh terkadang tidak tahu kalau sel-sel tubuhnya punya kesadaran. Dengan kesadaran ini pula memungkinkan berbicara dari hati ke hati kepada jantung, paru-paru, ginjal, otak, alat kelamin, usus, pankreas dan lain sebagainya.

“Terapi BMH diperlukan oleh mereka yang kondisi tubuhnya kurang seimbang baik secara fisik, psikis maupun spiritual karena tubuh dipaksa bekerja tanpa memberi kesempatan untuk istirahat cukup atau dijejali dengan kesadaran yang tidak benar,” jelas Yanti Atmodjo Ph.D. M.B.A seorang terapis yang berpraktek di Jalan Pegangsaan Jakarta Timur. Karena terlalu lelah capai baik fisik dan mental maka seseorang akan mudah jatuh sakit. Pernahkah Anda…sahabat sehat dengan inti reiki…merasa kurang fit hari ini tetapi tidak tahu kenapa menjadi tidak fit?

Orang awam sering menyebut kurang enak badan tapi makan tetap banyak. Atau barangkali tiba-tiba menderita sulit tidur padahal pasangan setia yang sah telah siap menemani di ranjang. Lebih terkejut lagi tadi siang pergi ke dokter diperiksa kadar kolesterol menunjukkan normal termasuk tekanan darah pun no problem. Tapi kenapa bisa gelisah ? Boleh jadi secara fisik OK saja tetapi jangan-jangan penyebabnya ada dalam alam bawah sadar (sub conscious mind) yang tidak benar karena telah dijejali dengan informasi-informasi atau kesadaran yang tidak benar.

Apa boleh buat. Kalau kondisi sudah parah maka penderitanya bisa uring-uringan baik di rumah atau pun ditempat kerja. Nah…lewat BMH inilah Anda akan diajak menelusuri jejak ketidakseimbangan tadi. Sembari mencari tahu penyebab trauma dan ketidaknyamanan fisik, latihan awal adalah mengadakan peregangan tubuh lewat rileksasi dengan tarik-tahan-buang napas panjang sambil sesekali menggerakkan dan melemaskan leher, bahu, punggung, tangan dan kedua kaki.

Bila sudah merasa nyaman secara fisik dan psikis kini giliran pikiran diarahkan untuk relaksasi. Atur tubuh senyaman mungkin dalam posisi tidur atau duduk manis senyaman mungkin. Tenangkan pikiran dan pusatkan perhatian pada keluar masuknya napas lewat hidung. Saat masuk tenang tanpa gangguan sekitarnya, pikiran digiring masuk ke dalam sistem tubuh.

Rasakan si empunya tubuh benar-benar merasakan dan menyadari tubuhnya apa adanya, membayangkan sistem kerja organ tubuh dengan sempurna saling berinteraksi tanpa kenal lelah sepanjang hari. Jika sudah benar-benar rileks barulah jalur komunikasi dibuka. Bagi sahabat yang sudah biasa hidup bermeditasi paling lama hanya memakan waktu 20 menit dalam persiapan rileksasi ini.

Sebagai contoh saat Anda merasa tidak nyaman pada pinggang kanan dan kiri coba sapa organ ginjal Anda dengan penuh welas asih,” Ginjalku aku sayang kamu dan sangat berterima kasih atas karyamu selama ini. Maaf kalau sekarang ini aku egois tidak memperhatikan kamu duduk berlama-lama di depan komputer, entah komputer untuk bekerja, berinternet-ria sampai larut malam sehingga pinggangku tiba-tiba sakit.”

Yang menyedihkan lagi mengetahui kondisi ini aku tetap ndablek dengan tidak cukup minum air putih setiap hari  sehingga pinggangku terus merasa sakit. ” Karena itu aku berjanji akan lebih menyayangi kamu dengan cukup minum air putih secukupnya agar kinerjamu tidak terlalu berat buat kelangsungan hidupku, ” pintaku dengan memelas.

Anda pun bebas menyapa organ tubuh lain milik sendiri dengan penuh perhatian dan mengharapkan kinerja organ tersebut dalam kondisi baik. Tapi jangan memaki kepada organ bermasalah apalagi mengeluhkan rasa sakit misalnya, ” Bagaimana sih kamu jantung, aku sudah lima kali ganti dokter tapi kamu kok masih juga belum sembuh-sembuh sehingga aku tidak bisa beraktivitas berlama-lama di depan komputer karena deg-degan bila Google Adsenseku ditolak Om Google.”

Tetap sabar sekali lagi sabar jika organ tubuh sedang bermasalah. Jangan memaki organ tubuh Anda sendiri dengan keluhan semacam itu…itu tidak baik. Ingat kembali rumus keseimbangan. Jangan lagi menambah informasi negative berupa keluhan, ucapan sumpah serapah kepada organ sendiri yang sedang bermasalah ke dalam alam bawah sadar. Sebaliknya sampaikan informasi positip untuk mengimbangi informasi negative yang telah terlanjur menumpuk ke dalam alam bawah sadar Anda. Ingat…ingat ya?

MANFAATKAN ENERGI ILAHI

Tentunya sahabat sehat dengan inti reiki bertanya bagaimana dialog BMH bisa menyembuhkan? Memang diakui dalam buku-buku kedokteran tidak ada bab yang mengulas metode penyembuhan macam ini. Tapi sebenarnya intinya dengan mengucapkan kalimat-kalimat positif tadi, kita mengharapkan datangnya energi Ilahi. Dalam agama apa pun dikenal Ruh berbentuk energi dan punya kemampuan menyembuhkan. Namun interaksi lalu lintas energi ini tidak serampangan jalannya. Hanya dalam kondisi rileks saja kita bisa menyerap dan memanfaatkan enegi Ilahi untuk penyembuhan,” jelas Yanti lebih lanjut ….ya…contohnya pada tradisi reiki.

Kabar baiknya tiap manusia mempunyai potensi untuk memanfaatkan energi tersebut kalau tahu caranya. Di otak setiap orang ada gelombang energi. Saat kita berpikir otak juga menghasilkan energi. Tidak kelihatan tapi ada terutama yang bersifat biologis. ” Partikel bisa sampai di tempat tujuan tanpa meninggalkan tempat aslinya. Energi itu begitu halusnya sehingga tidak perlu diambil, tetapi cukup diteleportasikan. Teleportasi paling gampang dan efektif ya…otak dan organ tubuh sendiri. Itu sebabnya ada orang yang mampu menghipnosis diri sendiri,” tutur Yanti sambil memberikan tip seputar BMH.

Tips kali ini menyatakan bahwa terapi BMH bukan terapi yang bersifat langsung menyembuhkan tapi perlu proses berkesinambungan tanpa kenal lelah dari si terapis sendiri. Ia lebih mirip supporting unit yang membuat seseorang sembuh lebih cepat, hidup lebih sehat dan tumbuh menjadi manusia lebih berkualitas. Jadi ingat selalu Body Mind Healing baik di kala Anda dan…saya sehat bersama inti reiki tatkala tengah sehat atau sakit.

Sambil menutup postingan kali ini alangkah baiknya kita rehat sejenak  sambil merenungkan lirik lagu Andante dari ABBA. Grup ABBA asal Swedia salah satu hits nya berjudul Andante selama tiga pekan menduduki top ten tangga lagu-lagu di Siaran Indonesia Radio Nederland tahun 1974.

Sumber : Mind Body Soul Intisari ( disunting ).

Andante, Andante oleh: ABBA.

Take it easy with me, please
Touch me gently like a summer evening breeze
Take your time, make it slow
Andante, Andante
Just let the feeling grow Make your fingers soft and light
Let your body be the velvet of the night
Touch my soul, you know how
Andante, Andante
Go slowly with me nowI’m your music
(I am your music and I am your song)
I’m your song
(I am your music and I am your song)
Play me time and time again and make me strong
(Play me again ’cause you’re making me strong)
Make me sing, make me sound
(You make me sing and you make me…)
Andante, Andante
Tread lightly on my ground
Andante, Andante
Oh please don’t let me down

There’s a shimmer in your eyes
Like the feeling of a thousand butterflies
Please don’t talk, go on, play
Andante, Andante
And let me float away

I’m your music
(I am your music and I am your song)
I’m your song
(I am your music and I am your song)
Play me time and time again and make me strong
(Play me again ’cause you’re making me strong)
Make me sing, make me sound
(You make me sing and you make me…)
Andante, Andante
Tread lightly on my ground
Andante, Andante
Oh please don’t let me down

Make me sing, make me sound
(You make me sing and you make me…)
Andante, Andante
Tread lightly on my ground
Andante, Andante
Oh please don’t let me down
Andante, Andante
Oh please don’t let me down…

More ABBA