Gempa bumi yang lalu diikuti tsunami yang melanda Jepang 11 Maret 2011 lalu berdampak pada hilangnya jiwa dan harta benda milik penduduk yang terkena dampak bencana. Selain itu krisis energi listrik akan dialami warga Jepang karana rusaknya PLTN Fukushima yang menyebabkan reaktor nuklir mengalami kebocoran dan saat ini bahaya radiasi telah menyebar di sekitar areal PLTN Fukushima. Penduduk yang rumahnya rusak serta mereka yang masih tinggal di penampungan, membuat mereka kehilangan mata pencarian untuk sementara waktu.

Kehilangan pekerjaan sementara waktu dapat membuat seseorang menjadi gelandangan. Kalau kaum gelandangan di negara kita harus berjuang sendiri dengan cara mengemis dan meminta belas kasihan orang tidak demikian halnya dengan kaum gelandangan di negeri Matahari Terbit. Dampak krisis ekonomi berkepanjangan di Jepang mengakibatkan semakin banyak warga kehilangan pekerjaan dan sebagian menjadi gelandangan.

Para gelandangan ini mendapat bantuan dari Organisasi Amal bernama Shinjuku Renkaru. Sekitar 430 gelandangan di Tokyo menerima bantuan makanan dan selimut tebal dari Organisasi Amal Shinjuku Renkaru Minggu 31/01/2010. Maklum saat itu Jepang sedang musim dingin. Para gelandangan antri selama beberapa jam untuk memperoleh nasi hangat yang dibagikan di dapur milik Shinjuku Renkaru.

Krisis ekonomi Jepang menyebabkan kaum muda ikut menggelandang menjadi pengemis. Kebanyakan dari mereka hidup menggelandang karena terkena PHK.

Sebagian gelandangan mengatakan sepanjang tahun 2009 hingga awal 2010 merupakan masa yang paling sulit dalam kehidupannya. Jumlah gelandangan di Jepang sebenarnya turun dari 25.000 orang pada tahun 2003 menjadi 15.000 orang pada tahun 2009. Akan tetapi tipe orang orang yang menjadi gelandangan saat ini mengalami perubahan. Di masa lalu mayoritas gelandangan adalah orang tua, tetapi sekarang banyak warga usia muda dan produktif dalam kerja telah kehilangan pekerjaan yang menjadikan kaum muda ini memilih menjadi gelandangan.

Krisis ekonomi berkepanjangan dan lemahnya konsumsi dalam negeri menyebabkan semakin banyak warga kehilangan pekerjaan. Walau pun ekonomi Jepang telah mulai pulih dari resesi menyusul meningkatnya permintaan terhadap produksi Jepang di Asia, Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan pemulihan ekonomi Jepang lebih lamban dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia.

Sumber Reuters: Homeless in Japan

Iklan