Libur panjang selama dua hari Sabtu dan Minggu esok sungguh membuat badan ingin istirahat dari kesibukan memikirkan pekerjaan kecuali tetap ngeblog mengisi postingan harian. Pagi tadi saya mengecek tanaman buah di kebun. Selepas itu membersihkan tanaman hias dalam pot dan memberi pupuk yang dibeli dari tukang tanaman yang kebetulan lewat di depan rumah.

Dua kegiatan itu bagi saya merupakan sarana rekreasi murah meriah yang bisa dilakukan siapa saja di rumah. Tak terkecuali membersihkan tanaman hias anthurium yang harus segera diganti potnya mengingat pertumbuhan tanaman yang sudah berumur 2 tahun ini sangat membutuhkan pot yang lebih besar.

Namun tatkala asyik dengan klangenan tanaman hias ini mendadak tetangga sebelah rumah datang bersilaturahmi. Dia mengabarkan bahwa tetangga seberang desa sudah seminggu ini dirawat di rumah sakit karena komplikasi penyakitnya yang serius. Boleh dibilang serius karena penyakit ini sudah sering akrab di telinga kita semua.

Penyakitnya adalah penyakit orang modern yang katanya salah makan. Saat ini dia terjangkit penyakit gula, asam urat dan kolesterol dalam darahnya tinggi. Untuk mengantisipasi yang tidak diinginkan maka keluarganya membawanya ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Begitu mengejutkan berita ini mengingat dampak negatife dari kolesterol tinggi sudah sering diperbincangkan dalam kegiatan harian baik di kantor atau di lingkungan sosial. Mendengar penuturan perihal kolesterol tinggi ingatan sehat dengan reiki  tertuju kepada penuturan dokter kantor yang menyarankan, agar seseorang yang sudah masuk usia 4o tahun ke atas harus mewaspadai dampak dari kolesterol tinggi.

Penuturan Ibu Dokter ini sungguh menakutkan karena kolesterol yang tidak terkendali dan cenderung tinggi salah satunya dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Tapi ada kiat aman seseorang menghindari kolesterol tinggi yaitu salah satunya menjaga pola makan rendah lemak tetapi tinggi serat setiap kali menyantap makanan. Usahakan makan sayur dan buah.

Makanan sehat bergizi tidak selalu mahal. Komposisi rendah lemak tinggi serat modal utama mencegah kolesterol tinggi. Sayuran dan buah sangat dianjurkan dikonsumsi sebagai menu harian.

Saran Bu Dokter selanjutnya adalah menjalankan pola hidup yang sehat mulai dari sekarang. “Ya…sekarang ini…jangan ditunda-tunda,” katanya kepada sehat dengan reiki waktu itu. Memulai hidup sehat sebagai salah satu kunci mencegah kolesterol tinggi lebih baik daripada nanti mengobati bila sudah kena penyakit ini. Dituturkan ada empat kunci hidup sehat ala dokter diantaranya adalah:

1. Makan teratur dan bergizi seimbang dan bervariasi. Makan tepat waktu tiga kali sehari. Porsi makanan harus seimbang nutrisinya. Disarankan untuk menghindari makanan dengan kadar lemak tinggi seperti jeroan dan junk food. Mengonsumsi bahan makanan yang mengandung HDL tinggi seperti red yeast rice yang terdapat dalam produk herbal Nutrafor Chol pun sangat dianjurkan untuk menekan tingkat LDL.

2. Lakukan istirahat cukup dalam aktivitas harian yang sangat sibuk. Dengan istirahat cukup selain makanan, tubuh pun perlu diistirahatkan agar tetap sehat. Akan lebih baik tidur selama enam sampai delapan jam setiap malam hari. Kurang tidur sama tidak baiknya dengan kebanyakan tidur. Jadi harus seimbang jumlah jam tidurnya.

3. Menjalankan kontrak hidup sehat sampai mati yaitu mau dan mau melakukan olahraga secara teratur. Hanya dengan olahraga teratur saja minimal 3 kali seminggu dengan durasi olahraga 30 hingga 6o menit setiap kali latihan olahraga. Anda disarankan tidak harus ke pusat kebugaran olahraga yang memasang tarip tinggi setiap kali kita ingin melatih kebugaran tubuh.

Cukup dengan olahraga sederhana seperti jogging, aerobik, berenang, bersepeda dan jalan kaki yang dilakukan di ruang terbuka dengan kecukupan udara bersih di pagi hari akan lebih baik dampaknya untuk kebugaran tubuh. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga dimulai dan lakukan pendinginan sesudahnya. Harus rutin berolahraga karena salah satu faktor dari olahraga secara teratur adalah kontinuitas.

Lantas ada hubungan apa seseorang bisa divonis menderita kolesterol tinggi? Penyebab utama dari gangguan tubuh karena kolesterol tinggi adalah makanan. Saat ini banyak orang cenderung memilih makanan dari segi rasa belaka.

Makanan enak banget seperti gorengan yang renyah plus berlemak dan junk food yang tinggi kalorinya menjadi begitu populer di jaman yang serba instan dan cepat ini dibandingkan dengan makanan sehat yang seimbang nutrisinya. Bu Dokter pun bilang bahwa, “Tubuh memiliki batas tertentu terhadap zat makanan yang dicerna. Bila berlebih maka sebagian akan dikeluarkan dari tubuh, sedangkan sisanya menjadi lemak di bawah kulit atau lemak dalam darah yang disebut kolesterol.”

Menurut ilmu kesehatan kedokteran kolesterol dalam jumlah tertentu memang dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol penting karena fungsinya menjaga keutuhan sel tubuh, membuat hormon, membungkus jaringan saraf, melarutkan vitamin dan membantu proses pembentukan vitamin. Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh inilah yang berbahaya bagi kesehatan tubuh misalnya mengakibatkan penyakit jantung koroner dan stroke. Seram bukan penyakit ini?

Nah nasehat bijaksana bagi kita yang masih sehat adalah mencegah akibat buruk kolesterol. Sedapat mungkin menghindari dengan 3 kunci utama hidup sehat yang telah ada plus satu kiat hidup sehat lainnya yaitu rekreasi. Kenapa rekreasi? Sebab….peran rekreasi tak kalah pentingnya bagi tubuh karena tubuh pun membutuhkan rekreasi untuk menghindari stress akibat kejenuhan dalam bekerja dan beraktivitas sepanjang hari.

Ya…Insya Allah rekreasi di hari Minggu pagi esok sehabis olah raga jalan kaki adalah berkebun dan melihat tanaman hias sebagaimana prolog postingan sehat dengan reiki hari ini. Selebihnya masih ada satu cara sehat alami dari ke empat cara di atas yang  hanya bisa dilakukan oleh praktisi reiki yaitu rutin melakukan self healing dan others healing reiki dan tak kalah pentingnya menjalankan meditasi kesehatan untuk tubuh.