Masyarakat di kota Peshawar Pakistan terguncang menyusul terjadinya serangan bom bunuh diri dalam prosesi pemakaman yang menewaskan 37 orang Kamis, 10/03/2011. Aksi bom bunuh diri itu merupakan salah satu dari rangkaian serangan yang dilancarkan oleh para milisi untuk melemahkan pemerintahan Pakistan dukungan Amerika Serikat.

Masyarakat yang tengah berduka berkumpul di lokasi aksi serangan bom bunuh diri di pinggiran kota Peshawar Pakistan. Sehari sebelumnya seorang pembom bunuh diri melancarkan aksinya pada suatu prosesi pemakaman. Ledakan juga melukai 52 korban  lainnya.

Penyerang menyusup di tengah pelayat saat berlangsung prosesi pemakaman terhadap kerabat tetua etnis Pasthun yang dikenal sebagai pendukung pemerintah. Tidak diketahui ada tidaknya korban tewas dari keluarga tokoh Pashtun dalam insiden berdarah itu.

Suicide bomber kills 37 at funeral in NW Pakistan A suicide bomber attacked a funeral attended by anti -Taliban militiamen in northwestern Pakistan on Wednesday 09th of March 2011. Seorang pelayat cedera segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Salah seorang warga yang anggota keluarganya menjadi korban tewas menuturkan, saat prosesi pemakaman baru akan dimulai, tiba-tiba ada seorang remaja pria yang masuk ke tengah-tengah pelayat. Sesaat kemudian terjadi ledakan keras dan puluhan pelayat tewas seketika. Juru bicara kelompok Taliban mengaku bertanggungjawab atas serangan itu. Ledakan mematikan itu merupakan salah satu dari rangkaian serangan yang dilancarkan milisi untuk melemahkan pemerintah Pakistan dukungan Amerika Serikat.

Sumber : Reuters/Pakistan – Attack in Morning.