Gempa bumi berkekuatan 5 koma 8 magnitudo mengguncang wilayah daya China menewaskan sedikitnya 22 orang dan seratus lebih luka-luka. Gempa menghancurkan banyak rumah penduduk dan memutus aliran listrik namun jaringan komunikasi tetap baik.

Gempa yang terjadi 10 Maret 2011 menurut media pemerintah China, Xinhua dilaporkan berada di Yingjiang yang terletak dekat perbatasan dengan Myanmar pada kedalaman 10 kilometer. Gempa menghancurkan banyak rumah penduduk.

Korban luka-luka mendapatkan pertolongan sementara di jalanan.

Gempa berkekuatan 5,8 pada skala richter mengguncang Yingjiang, Propinsi Yunnan, China, Kamis (10/3/2011)

Pejabat pemerintah Propinsi Yunnan telah mengirimkan sebuah tim ahli untuk membantu menanggulangi kondisi darurat. Empat ratus personil tentara juga diterjunkan untuk membantu operasi penyelamatan. Gempa susulan terjadi sebanyak tiga kali dengan skala lebih rendah, yaitu 4 koma 7 magnitudo.

Pusat gempa, yang mengguncang pada pukul 12:58 waktu setempat, terletak di sekitar 225 kilometer (140 mil) di Dali barat daya Provinsi Yunnan di sepanjang pegunungan perbatasan dengan Myanmar.

Menurut laporan Survei Geologi AS. Gempa tersebut menghantam dari kedalaman 34 kilometer. Banyak rumah roboh akibat gempa. Menurut para pejabat lokal saat itu masih meneliti jumlah korban. Para saksi mata mengatakan bahwa bagian dari satu supermarket juga ambruk. Dalam laporannya dari Kunming, Xinhua mengatakan sejumlah korban tewas setelah gempa mengguncang kota kecil Yingjiang, di provinsi barat daya China Yunnan Kamis sore.

Sumber : Asia/Reuters/Tribunnews.com/China – Earthquake.