Tim gabungan yang terdiri dari pekerja perusahaan energi British Petroleum – BP, para penjaga pantai dan anggota keamanan nasional telah berkumpul di Lousiana ( 3/6/10 ), untuk melakukan upaya pengalihan aliran minyak di sumur minyak milik British Petroleum. Upaya tersebut kini masih berada pada tahap awal yaitu mengalirkan minyak ke permukaan.

Perusahaan energi British Petroleum akan melakukan usaha beresiko tinggi untuk mengalirkan minyak ke permukaan dari sumur minyak di Teluk Meksiko. Penyaluran minyak tersebut dilakukan dengan menyumbat tempat saluran yang bocor. Anggota keamanan pantai Admiral Thad Allen mengatakan, perlu adanya komunikasi di antara pihak British Petroleum dengan Pejabat Amerika.

Pencemaran air laut oleh minyak mengancam kelestarian ekosistem burung dan ikan di Louisiana ( 3/6/10 ). REUTERS/Sean Gardner.

Sementara itu kepala operasional British Petroleum, Doug Sutter datang ke pelabuhan Fourchon, Louisiana di mana telah disiapkan perlengkapan untuk menjaga agar minyak tidak masuk ke saluran irigasi. Upaya pengaliran minyak akan dilakukan dengan menggunakan robot bawah laut untuk menempatkan pipa yang dihubungkan dengan tangki penampungan, yang akan memakan waktu 72 jam. Upaya tersebut diperkirakan untuk sementara waktu akan meningkatkan aliran minyak ke laut hingga 20 persen.

Sejumlah burung Pelikan yang terkena minyak yang tumpah di Teluk Meksiko, menunggu dibersihkan di International Bird Rescue Research Center, Fort Jackson, Louisiana ( 3/6/10 )). REUTERS/Sean Gardner

Menurut Allen, tim pekerja kini sedang melakukan upaya awal mengalirkan minyak ke permukaan dan kemudian memindahkannya dengan menggunakan kapal tanker atau pun dengan kapal tongkang. Hal itu dilakukan untuk mengisolasi minyak melebihi dari sekedar menambal di tempat yang bocor sambil menunggu ditempatkannya perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan upaya terakhir pada bulan Agustus mendatang.

Sumber : Reuters/USA – SPILL ALLEN BP.